Jelang Pembukaan, Gembira Loka Siapkan Protokol Kesehatan

Salah satu petugas Gembira Loka zoo saat melakukan pemantauan satwa beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo.
09 Juli 2020 11:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja memberikan perhatian terhadap kesiapan protokol pencegahan penularan Covid-19 di Gembira Loka Zoo sebelum dilakukan pembukaan. Pasalnya, kebun binatang menjadi salah satu pusat keramaian yang berpotensi terjadinya penularan Covid-19.

Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi yang juga sebagai Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja mengapresiasi persiapan yang telah dilakukan manajemen Gembira Loka Zoo menghadapi new normal.

BACA JUGA : Jembatan Depan Gembira Loka Belum Dioperasikan

“Kalau saya melihat manajemen Gembira Loka Zoo sudah menyiapkan protokol kesehatan dengan baik, tempat publik terbuka seperti ini dengan protokol kesehatan yang matang,” ujar Heroe Poerwadi, Selasa (7/7/2020)

Gembira Loka Zoo, lanjut Heroe, telah menyiapkan protokol kesehatan mulai dari mengatur arus pengunjung, memisahkan alurnya hingga proses administrasi yang mengutamakan sistem daring.

“Dari penerapan ini bisa menjadi pembelajaran destinasi yang lain, dari penyiapan cek suhu tubuh, kemudian bagaimana pemesanan tiket sampai proses masuk, ini sudah bagus,” jelasnya.

Sementara itu, Manajer Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan menjelaskan pekan pertama Juli digunakan untuk melakukan simulasi secara internal dan bertahap setiap minggunya hingga akhir bulan.

BACA JUGA : Dilengkapi Banyak Fasilitas, Gembira Loka Zoo Siap Sambut

“Simulasi ini untuk melihat apa saja kebutuhannya dan terus dilakukan evaluasi, dan simulasi internal dilakukan secara terbatas tidak semua karyawan mengikuti simulasi ini,” ucapnya.

Yosi memastikan secara kesiapan terus dilakukan evaluasi dan penambahan sarana dan prasarana seperti wastafel. Hingga saat ini sudah terpasang 120 wastafel dan 120 titik hand sanitizer.

Dikatakan Yosi, selama penerapan protokol kesehatan para pengunjung harus mengikuti arah perjalanan yang sudah ditentukan, sehingga tidak bebas menentukan arah seperti sebelum diterapkannya protokol kesehatan.

“Kami juga menyiapakan sistem pembayaran non tunai pada pengunjung, bagi yang tidak memiliki non tunai kami siapakan sistem elektronik gembira loka yang bisa ditop up di lokasi untuk transaksi selama di dalam Gembira Loka Zoo,” terangnya.

Selain itu, sistem reservasi juga bisa dilakukan jauh hari sebelum berkunjung secara online, pembayarannya pun bisa dilakukan secara virtual atau di lokasi dengan ketentuan menggunakan uang pas.

“Reservasi ini kami siapkan cara dan ketentuan ada di media sosial Gembira Loka Zoo sehingga pengunjung bisa mempelajari terlebih dahulu untuk mengurangi antrean,” paparnya.

Memasuki new normal rencananya kapasitas dibatasi 2500 pengunjung setiap harinya, namun di awal penerapan protokol kesehatan akan dikurangi sehingga hanya mencapai 1500 pengunjung saja.