Advertisement

Dilengkapi Banyak Fasilitas, Gembira Loka Zoo Siap Sambut Pengunjung di Libur Lebaran

Kiki Luqman Hakim (ST 16)
Selasa, 04 Juni 2019 - 12:17 WIB
Budi Cahyana
Dilengkapi Banyak Fasilitas, Gembira Loka Zoo Siap Sambut Pengunjung di Libur Lebaran Pengunjung melihat binatang di Zona Cakar Gembira Loka Zoo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selama Ramadan ini Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Jogja mengadakan berbagai kegiatan. Mulai dari corporate social responsiility (CSR) hingga persiapan menyambut Lebaran 2019.

Kepala Bagian Humas GL Zoo, Eros Yan Renanda menjelaskan, kegiatan CSR rutin dilakukan setiap tahun,  dengan memfasilitasi  beberapa panti asuhan (PA) yang dipilih secara bergantian. Manajemen GL Zoo selalu mengundang anak-anak penghuni PA,  untuk ngabuburit sekaligus berbuka puasa bersama di  kebun binatang.

Advertisement

Selain itu, manajemen juga telah mempersiapkan kebun binatang secara khusus menjelang liburan yang telah menjadi agenda tetap. Menurut Eros sejak memasuki Ramadan, GL Zoo mulai berbenah memperbaiki kandang, fasilitas pengunjung, perbaikan infrastruktur dan penambahan koleksi satwa. Selain itu dilakukan peremajaan wahana permainan, ini demi terciptanya suasana rekreasi yang aman, nyaman dan menarik.

“Selama libur Lebaran,  mulai 5 Juni sampai 23 Juni 2019 nanti, GL Zoo buka mulai pukul 07.30 hingga 17.30 WIB,  dengan tiket seharga Rp40.000 per orang.  Sesuai tagline Bukan Sekadar Rekreasi, di musim libur Lebaran nanti beberapa zona baru dihadirkan untuk memberikan kepuasan pengunjung, Zona Cakar I (Scratch Zone) yang terletak di pojok barat kompleks kebun binatang itu satwa-satwanya sudah mulai didisplay mengisi kandang-kandang di  zona tersebut,” ungkap Eros ketika ditemui Harian Jogja, Senin (3/6).

“Berbagai hewan mamalia karnivora, seperti beruang madu, fishing cat, serval, dan macan dahan bisa disaksikan pengunjung.”

Eros menjelaskan sistem zonasi dalam pembangunan area satwa di GL Zoo merupakan cara kebun binatang ini mengedukasi dan  memberikan pengalaman bagi pengunjung. “Desain kandang dibuat seperti habitat asli di alam liar. Ini untuk memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung dalam mengamati tingkah laku satwa,” lanjut Eros.

Pada Lebaran nanti juga dilengkapi area permainan tradisional,  jasa layanan parkir antar GO-ZOO, serta penambahan fasilitas yang membantu memudahkan aktivitas pengunjung ketika berekreasi. “Ini menjadi suguhan utama yang ditawarkan GL Zoo kepada pengunjung,” jelasnya.

Mengenai penampilan area permainan tradisional, pengunjung diajak berinteraksi dan mengenal kembali  permainan masa kanak-kanak jaman dulu, seperti pletokan, egrang bambu, lari tempurung, gasing, bakiak, dan kapal otok- otok.

Area permainan tradisional ini terletak di taman bermain area panggung GL Zoo, bersebelahan dengan lokasi lukis wajah atau face painting. Pengunjung pun dipersilahkan untuk mencoba permainan tersebut.

Masih di taman bermain GL Zoo, pengunjung juga dapat menikmati Zona Petting Zoo yang menjadi  sarana edukasi, khususnya bagi anak-anak. Di sini, pengunjung bisa berinteraksi langsung  memberi pakan keledai, domba batur, kuda poni, rusa tutul, kelinci, marmut dan kura-kura sulcata. Juga ada kura-kura Emys, ayam mutiara dan kambing Ceko. Satwa-satwa ini  sangatlah jinak dan aman dari penyakit karena dirawat secara higienis, serta tidak termasuk satwa dilindungi. Karena itu, pengunjung bisa bebas berinteraksi dan mengenalkan satwa pada anak-anak . Ini dimaksudkan agar sejak usia dini, anak-anak bisa belajar mencintai dan melestarikan satwa dari bahaya kepunahan.

Tidak hanya itu, saat libur Lebaran, GL Zoo  juga menghadirkan hiburan bagi pengunjung, berupa musik tradisional,  seperti gejog lesung, calung, dan juga cokekan. Tak  hanya dihibur lewat alunan nada, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung memainkan alat musik tradisional itu, dengan dipandu langsung oleh para pemusiknya.

Lebaran identik dengan keramaian sehingga manajemen GL Zoo melakukan terobosan mengatasi kepadatan area parkir. Salah satunya dengan memberikan layanan jasa parkir antar  GO-ZOO. GO-ZOO adalah layanan jasa parkir yang dikelola resmi oleh GL ZOO. Ini untuk mengatasi jika area parkir di pintu A (Timur) di Jalan Kebun Raya dan parkir di pintu B (Barat) Jalan Veteran telah penuh. Sistem dari GO-ZOO adalah pengunjung menurunkan keluarganya di area tunggu pintu B (Jalan. Veteran). Pengemudi dari kendaraan tersebut akan dipandu  petugas GL Zoo menuju kantong parkir resmi yang telah dipilih.

“Kemudian pengunjung diantar kembali ke Gl Zoo oleh petugas resmi kami. Keluarga yang menunggu akan difasilitasi area berupa ruang tunggu yang nyaman dan suguhan minuman ringan,” kata Eros seraya menyebutkan tarif GO-ZOO hanya Rp 50.000. Harga tersebut sudah termasuk satu tiket masuk GL Zoo dan beaya administrasi parkir.”

Seperti tahun-tahun sebelumnya, manajemen GLZoo pada masa libur Lebaran selalu kerja sama dengan berbagai pihak petugas keamanan, seperti TNI/ Polri, pramuka, petugas PMI, serta Muspika dan Muspida terkait untuk membantu pengamanan dan petugas kesehatan di area GL Zoo. Tak kurang dari 80 personel bakal diterjunkan selama musim libur lebaran 2019. Manajemen GL Zoo membuka hotline telepon di (0274)-373861 dan 0812-3192-5666 untuk menampung semua kritik dan saran dari pengunjung. Selain itu, manajemen  selalu mengimbau melalui media sosial, website dan media lainnya bagi para pengunjung untuk mengikuti dan mentaati aturan yang ada demi keamanan dan kenyamanan serta kepentingan bersama.

“Sebagai kebun binatang terbesar di Jawa Tengah dan DIY, GL Zoo pada libur lebaran nanti siap memanjakan pengunjung dan fasilitas baru kami tidak akan mengecewakan para pengunjung,” tutup Eros.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement