Advertisement

Sapi di Sedayu Bantul Jadi Pilihan Jokowi

Jumali
Kamis, 09 Juli 2020 - 00:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sapi di Sedayu Bantul Jadi Pilihan Jokowi Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait penangangan COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020). - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Seekor sapi dengan berat sekitar 1 ton milik Rika Daru Efendi, 28, warga Dusun Karangasem, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, akhirnya dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi hewan kurban pada Idul Adha 1441 Hijriah.

Sapi berjenis simmental berusia 3,5 tahun, berwarna coklat tua yang diberi nama Gombloh ini berhasil mengalahkan dua sapi lainnya dari Bantul yang dinominasikan untuk dijadikan hewan kurban orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Adapun dua sapi lainnya yang masuk nominasi tersebut adalah sapi dari Kecamatan Pajangan, dan Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret.

Pemilik sapi, Rika Daru Efendi mengaku tidak pernah menyangka jika sapinya masuk dalam nominasi bahkan terpilih menjadi hewan kurban Presiden Jokowi. Sebab, Gombloh, sempat mengikuti meraih posisi kelima pada kontes sapi di Grabag, Magelang, Jawa Tengah, belum lama ini.

“Selain itu, dia juga beberapa kali ikut kontes lainnya,” katanya, Rabu (8/7/2020).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, usai mengikuti kontes, seorang mantri hewan sempat mengajukan Gombloh sebagai kandidat hewan kurban presiden. Alhasil, jalan mulus didapatkan oleh Gombloh. Meski bersaing dengan banyak sapi, tetapi Gombloh akhirnya terpilih sebagai hewan kurban Presiden Jokowi.

Usai diputuskan menjadi hewan kurban presiden, Rika mengakui sempat dihubungi oleh personel di Sekretariat Negara untuk negosiasi harga.

“Sampai pada angka Rp87 juta dan akan dibayar cash,” katanya.

Advertisement

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DPPKP Bantul Joko Waluyo mengatakan, Gombloh terpilih setelah dua sapi lainnya di Bantul yang masuk nominasi kalah dalam berat badan.

“Selain itu setelah dicek oleh teman-teman Balai Besar Veteriner Wates, sapi yang di Sedayu itu yang lolos. Soal mau dipotong di mana kami tidak tahu, yang jelas Presiden Jokowi sudah membeli sapi dari Bantul satu ekor," katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Survei Indikator: Polri Masih Terpuruk

News
| Senin, 28 November 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement