Advertisement

Makin Ramai, YIA Dikunjungi 3.000 Penumpang per Hari

Lugas Subarkah
Senin, 13 Juli 2020 - 20:27 WIB
Budi Cahyana
Makin Ramai, YIA Dikunjungi 3.000 Penumpang per Hari Petugas kebersihan membersihkan ruang tunggu di Yogyakarta International Airport, Kulonprogo, Rabu (2/5/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Angkasa Pura menyebut penerbangan di Yogyakarta International Airport (YIA) aman dari sisi kesehatan. Saat ini, jumlah penerbangan maupun penumpang mengalami peningkatan, dengan rata-rata sebanyak 3.000 penumpang per hari.

Pelaksana Tugas Sementara General Manager YIA PT Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama, mengatakan di YIA saat ini rata-rata ada 30 penerbangan per hari. Jumlah ini meningkat di akhir pekan, bisa sampai 40 penerbangan.

Advertisement

“Konsekuensi meningkatnya jumlah penumpang berarti pengawasan kami terhadap protokol tidak akan surut. Artinya pemeriksaan ini wajib hukumnya sesuai edaran Kementerian dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” ujarnya, Senin (13/7/2020).

Setiap calon penumpang kata dia, wajib mengantongi surat bebas Covid-19, sehingga calon penumpang yang terindikasi Covid-19 tidak bisa melanjutkan perjalanan. Ia menyebut bandara aman diakses masyarakat karena selain penumpang, petugas juga terapkan protokol Kesehatan.

Sejak 8 Juli YIA telah menerima penerbangan internasional yakni dari Kuala Lumpur. Pembukaan jalur internasional akan dilakukan bertahap sembari menunggu kesiapan maskapai. “Secara prinsip bandara siap beroperasi untuk seluruh rute,” ungkapnya.

Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIIY, Biwara Yuswantana, mengatakan peningkatan jumlah penerbangan harus diikuti pula kesiapan dari pihak pengelola bandara dan satgas untuk memastikan berjalannya protokol kesehatan.

“Ada satgas yang memeriksa penumpang. Perlu juga keterpaduan untuk menghadapi potensi pelanggaran. Semisal ada penumpang yang datanya tidak sinkron atau ternyata surat PCR atau rapid test-nya sudah kadaluarsa sehingga perlu penanganan dan karantina di sana,” ujarnya.

Menurutnya peningkatan jumlah penerbangan terjadi seiring meningkatnya aktivitas masyarakat. Sebab itu ia berharap kesiapan semua pihak terkait untuk memsatikan semua berjalan sesuai protokol kesehatan dan menangani berbagai kemungkinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement