BBPOM Ajak Generasi Milenial Cerdas Memilih & Menggunakan Kosmetik yang Aman

Webinar Kampanye Cerdas Menggunakan Kosmetik pada Generasi Milenial. - Istimewa
15 Juli 2020 17:27 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dengan semakin berkembangnya digitalisasi informasi, semakin mudah konsumen untuk mengakses pembelian barang dan jasa termasuk produk kosmetik.

Namun di sisi lain beredarnya produk ilegal, substandar atau mengandung bahan berbahaya dapat masuk melalui jalur perdagangan online. Informasi dan promosi kosmetik pun tidak obyektif dan cenderung menyesatkan konsumen. Bagi pemerintah, hal ini menjadi tantangan untuk meningkatkan pengawasan dalam upaya perlindungan konsumen, peningkatan kewaspadaan, serta perberdayaan konsumen. Menyikapi fenomena tersebut, pemerintah perlu meningkatkan pengawasan sekaligus memberdayakan konsumen agar dapat memilih dan menggunakan produk kosmetika dengan aman.

Oleh karena itu, BBPOM di Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Kampanye Cerdas Menggunakan Kosmetik pada Generasi Milenial. Kegiatan ini difokuskan kepada komunitas masyarakat usia produktif (15 hingga 23 tahun), dengan pertimbangan komunitas pada usia tersebut merupakan komunitas yang paling banyak menggunakan kosmetika. Komunitas masyarakat pada rentang usia tersebut memiliki karakteristik kebutuhan penggunaan kosmetika yang tidak homogen, namun disatu sisi dapat dikatakan memiliki andil dalam mengambil keputusan dalam memilih kosmetika dan disisi lain memiliki tingkat risiko yang sama terpapar kosmetika ilegal dan/atau mengandung bahan berbahaya

Tujuan dari kegiatan ini meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan komunitas masyarakat usia produktif dalam memilih dan menggunakan produk kosmetika secara cerdas serta memberdayakan komunitas masyarakat usia produktif dalam upaya melindungi diri dari bahaya penggunaan kosmetika ilegal dan/atau mengandung bahan berbahaya.

Bentuk kegiatan berupa webinar (seminar online) dengan target peserta diikuti oleh 300 lebih peserta dari masyarakat umum terutama generasi muda/ milenial/ mahasiswa. Dilaksanakan melalui webinar online agar dapat menjangkau seluruh masyarakat dari berbagai kalangan di seluruh indonesia.

Kegiatan dilaksanakan dengan menggandeng narasumber dari praktisi dan moderator yang kekinian, dengan tujuan agar kegiatan lebih menarik sehingga mampu menarik masyarakat umum terutama generasi muda/ milenial/ mahasiswa untuk mengikuti sampai acara selesai. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIB, dengan narasumber Plt. Kepala BBPOM di Yogyakarta Triyanti Setyorini,  Medical Influencer Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Listya Paramita, dan Clinical Psykologist Analisa Widyaningrum. segera daftar di link bit.ly/WebinarKosmetikBBPOMYK, kegiatan dilaksanakan pada Senin, 20 Juli 2020.