Advertisement

Puluhan Ribu Siswa Terima Bantuan KJB

Catur Dwi Janati
Jum'at, 17 Juli 2020 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Puluhan Ribu Siswa Terima Bantuan KJB Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Idi, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Selasa (17/3/2020). - ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas.\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Dalam Menyukseskan pendidikan 12 tahun dan menekan angka putus sekolah, Pemkot Jogja memberikan bantuan melalui program Kartu Jogja Berprestasi (KJB). Bantuan ini diberikan kepada siswa dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Budi Asrori menerangkan sebanyak 11.950 siswa menerima bantuan ini. Budi yang dihubungi pada Jumat (17/7/2020) menjelaskan para siswa yang mendapat bantuan ini merupakan anak yang masuk dalam daftar Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS).

Advertisement

Besar nominal bantuan berbeda-beda tiap jenjang. Jenjang TK sederajat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp400.000 untuk siswa sekolah negeri dan Rp850.000 untuk siswa sekolah swasta. Kemudian untuk jenjang SD sederajat akan memperoleh bantuan sebesar Rp400.000 untuk siswa sekolah negeri dan untuk siswa sekolah swasta sebesar Rp1,4 juta per anak.

Sementara itu untuk jenjang SMP sederajat siswa akan mendapat bantuan senilai Rp500.000 bagi sekolah negeri dan Rp2 juta untuk sekolah swasta. Selanjutnya untuk siswa jenjang SMA sederajat akan mendapat bantuan sebesar Rp1,25 juta bagi sekolah negeri dan Rp2,25 juta untuk sekolah swasta. Terakhir untuk siswa jenjang SMK sederajat akan mendapat bantuan sebesar Rp1,25 juta untuk sekolah negeri dan Rp2,375 juta untuk SMK swasta.

Sekda Kota Jogja, Aman Yuriadijaya menjelaskan bantuan akan diberikan dalam sistem debit. Bantuan akan diserahkan langsung ke rekening anak di Bank BPD DIY. Penyaluran bantuan dengan sistem debut uni pertama kali di DIY.

"Ini [penyaluran bantuan] akan lebih efisien dan tepat sasaran, dikatakan efisien karena telah bersistem dengan baik dan aman," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement