Mundur Lagi, Kapan Bioskop di Jogja Bakal Buka Kembali?

Ilustrasi. - Freepik
17 Juli 2020 20:17 WIB Hery Setiawan (ST18) Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Bagi para pencinta film sepertinya harus kembali bersabar. Pasalnya, pembukaan bioskop yang rencananya akan dilakukan serentak pada Rabu, (29/7/2020) mendatang, besar kemungkinan mengalami kemunduran. Hal tersebut disebabkan karena situasi pandemi Covid – 19 yang belum menunjukan penurunan jumlah pasien.

“Kami masih belum bisa memastikan kalau tanggal 29 bisa buka kembali,” ujar Manager on duty CGV Cinema Yogyakarta, Irfan Fauzi kepada Harian Jogja, Jum’at (17/7/2020).

Irfan menjelaskan bahwa kondisi tersebut berkaitan dengan jumlah pasien positif Covid-19 yang masih terus bertambah. Kendati begitu, ia mengaku CGV Cinema telah menyiapkan skema pelayanan baru yang mengacu pada protokol kesehatan.

CGV Cinema menyiapkan ruangan khusus untuk memeriksa suhu pengunjung sebelum memasuki studio. Selain itu, penggunaan tiket kertas juga akan dikurangi. Kata Irfan, hal tersebut bertujuan untuk mengurangi potensi kontak fisik antara crew dengan pengunjung. “Kami menyarankan pembelian via online dan aplikasi,” katanya.

Untuk tata letak studio, CGV Cinema melakukan pembatasan jarak antar kursi. Tersedia juga ruangan khusus untuk menampung pengunjung yang mengalami gangguan kesehatan. Tak lupa, crew yang bertugas turut dilengkapi alat perlindungan diri lengkap, seperti masker dan alat pelindung wajah.

Ketika ditanya soal jam operasional, Irfan mengatakan tetap ada pengurangan. Sebelum pandemi Covid – 19, setiap film dapat diputar sebanyak 6 kali per hari. Sementara untuk sekarang hanya berkisar tiga hingga empat kali pemutaran setiap film.

Untuk daftar film yang akan diputar, Irfan belum dapat memastikan judulnya. Satu yang pasti adalah film-film yang sempat tertunda rilisnya lantaran pandemi Covid – 19.

“Film yang akan diputar kemungkina film yang sempat tertunda [karena pandemi]. Untuk judulnya masih tentatif. Produser film juga gak berani spekulasi soal itu,” katanya.

Nasib serupa juga dialami Ambarukmo XXI. Kepada Harianjogja.com, Public relation Ambarukmo Plaza [Amplaz], Wahyu Hidayati menuturkan rencana pembukaan bioskop secara serentak masih dikaji ulang.

“Kondisi di Jakarta saat ini membuat rencana buka 29 Juli dikaji dan pihak XXI akan menginfokan kembali pada kami apakah tetap buka tanggal tersebut atau akan ada pengunduran?” kata perempuan yang akrab disapa Ayu itu, Jumat (17/7/2020).

Terlepas dari rencana pembukaan bioskop, Ayu menerangkan bahwa operasional Amplaz sudah hampir buka secara penuh. Outlet-outlet dan department store tetap membuka pintunya kepada pengunjung.