Advertisement

Politisi Gerindra Danang Wicaksana Maju Pilkada Sleman Lagi?

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 18 Juli 2020 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Politisi Gerindra Danang Wicaksana Maju Pilkada Sleman Lagi? Politikus Partai Gerindra Danang Wicaksana (ist)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Nama politikus Partai Gerindra Danang Wicaksana disebut-sebut akan meramaikan Pilkada Sleman pada 9 Desember mendatang. Danang disebut-sebut akan berpasangan dengan politisi Golkar, Banudoyo Manggolo.

Terkait kabar tersebut, Danang belum memberi kepastian. Ia hanya memberi jawaban diplomatis. Menurut Danang, melihat konstelasi politik di Sleman belakangan ini, Gerindra merasa perlu mengusung kader internal partainya.

Advertisement

"Melihat konstalasi politik saat ini, kami di Gerindra perlu mengusung kader sendiri untuk maju," kata Ketua Bidang Informasi Strategis DPP Gerindra itu, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/7/2020).

Seperti diketahui, PDI Perjuangan merekomendasikan pasangan Kustini Sri Purnomo - Danang Maharsa untuk maju pada Pilkada Sleman. Selain Kustini, Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun juga berpotensi besar maju di Pilkada Sleman. Hanya saja, hingga saat ini belum ada satu partaipun yang memberi rekomendasi kepadanya.

Meski berencana mengusung kader internal, Partai Gerindra kata Danang harus berkoalisi dengan partai lain. Alasannya, enam kursi Gerindra di DPRD Sleman tidak cukup untuk mengajukan kandidat sendiri. Sebagai Koordinator Regional Partai Gerindra Wilayah Kalimantan Raya dan DIY, Danang akan melakukan komunikasi politik dengan partai lain termasuk Golkar. “Mungkin karena itulah saya lalu dihubungkan-hubungkan. Padahal saya juga berkomunikasi dengan PAN, PKB, PPPP juga,” ujarnya.

Walaupun enggan menjawab pasti soal kabar yang menyebut dia akan kembali terjun di Pilkada Sleman, namun Danang menyebut jika Sleman perlu penguatan identitas sebagai kota budaya dan pelajar. Selain itu, ucap Danang, Sleman juga perlu menjaga kelestarian lingkungan. Ia juga mengusulkan adanya terobosan pariwisata agar Sleman bisa jadi destinasi internasional.

"Caranya, dengan mengangkat kearifan lokal masyarakat asli Sleman dan titik-titik destinasinya. Ben Sleman rak ngene-ngene wae [agar Sleman tak begini-begini saja, red]," katanya.

Sekadar diketahui, Danang Wicaksana pernah mengikuti kontestasi di Sleman pada 2015. Kala itu, Danang mendampingi Yuni Satia Rahayu melawan pasangan Sri Purnomo dan Sri Muslimatun. Pada pilkada 2015, Yuni dan Danang legawa mengakui kemenangan pasangan duo Sri tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement