UGM Gelar Forum Nasional I Filantropi Kesehatan Secara Daring

Universitas Gadjah Mada. - UGM.ac.id
23 Juli 2020 10:37 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM menyelenggarakan Forum Nasional I Filantropi Kesehatan secara daring pada Selasa (21/7/2020) hingga Rabu (22/7/2020).

Acara ini digelar untuk menggali potensi pendanaan filantropi untuk pembangunan kesehatan di Indonesia sekaligus sebagai sarana diseminasi riset perdana kerja sama PKMK FKKMK UGM dengan Perhimpunan Filantropi Indonesia.

“Peran sektor filantropi terhadap pembangunan kesehatan di Indonesia sangat besar dan masih bisa digali lebih banyak lagi. Kita bisa mengedukasi masyarakat sebagai donatur dan di sisi lain juga mendorong pemerintah untuk menciptakan kebijakan yang lebih kondusif bagi para filantropi,” terang Shita Listya Dewi, konsultan dan peneliti PKMK, Rabu (22/7/2020).

Forum ini merupakan forum ilmiah kesehatan pertama yang membahas tentang filantropi dalam sektor kesehatan di Indonesia. Filantropi dalam sektor kesehatan menjadi salah satu bentuk partisipasi sektor non-pemerintah dalam manajemen kesehatan, meskipun pemerintah bertanggung jawab terhadap warganya untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang memadai.