Terdampak Corona, Ratusan Sopir Taksi & Ojol di Jogja Diberi Bantuan

Sopir taksi online, konvensional dan ojek online di Sekretariat Perkumpulan Pengemudi Taksi Argometer Yogyakarta, Minggu (26/7/2020). - Ist/dok
26 Juli 2020 23:07 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA— Ratusan sopir taksi online, konvensional dan ojek online mendapatkan bantuan dari sebuah organisasi sosial Turun Tangan DIY, Minggu (26/7/2020). 

Pembina Turun Tangan DIY Arif Noor Hartanto menjelaskan bantuan itu diberikan kepada sekitar 200 sopir taksi online, taksi konvensional serta pengendara ojol yang berada di wilayah Kota Jogja. Adapun pemberian bantuan dilakukan di Sekretariat Perkumpulan Pengemudi Taksi Argometer Yogyakarta (Perpetayo) di Jalan Timoho, Kota Jogja.

Baca juga: Didera Pandemi, Sebisa Mungkin Pengusaha Batik Ini Pertahankan Perajinnya

“Hasil komunikasi kami dengan pengurus Perpetayo ini semuanya terdampak akibat corona, mereka kesulitan mendapatkan penumpang karena aktivitas terhenti. Susah memperoleh pendapatan. Sehingga kami menyalurkan bantuan ini,” katanya, Minggu (26/7/2020).

Ia menilai dengan mengumpulkan sopir taksi online dan konvensional mereka lebih mencair meski di lapangan saling bersaing dalam memberikan layanan untuk mendapatkan penumpang. Ia berharap ke depan semua pelaku jasa transportasi ini bisa terus bersinergi dalam menghadirkan layanan terbaik tanpa diwarnai adanya perpecahan.

Baca juga: Hindari Stres saat Pandemi dengan Hobi

“Kegiatan semacam ini  bisa memperbaiki hubungan antara taksi online dan konvensional. Karena memang kadang di lapangan mungkin berebut penumpang antara yang menggunakan aplikasi dengan yang manual,” ujar mantan anggota DPRD DIY ini.

Koordinator Turun Tangan DIY Alifa Suri Rahmadhina menjelaskan bantuan yang diberikan untuk membantu kebutuhan sehari-hari para sopir taksi dan ojol.

“Karena kami organisasi sosial yang di dalamnya banyak anak muda, sebelum memberikan bantuan lebih dahulu kami survei kira-kira kelompok mana yang membutuhkan,” katanya.