Advertisement

Dekranasda Sleman Adakan Pre-Launching Sekaligus Pameran Virtual

Lajeng Padmaratri
Senin, 27 Juli 2020 - 11:37 WIB
Budi Cahyana
Dekranasda Sleman Adakan Pre-Launching Sekaligus Pameran Virtual Interior Gedung Dekranasda Sleman. - Harian Jogja/Laila Rochmatin

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pandemi Covid-19 membuat sejumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sleman terpuruk. Hal ini membuat Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sleman berencana membuat pameran kerajinan secara virtual.

Pameran virtual itu tak hanya difungsikan untuk merespon tantangan pandemi yang dialami pelaku UMKM. Agenda tersebut akan diselenggarakan bertepatan dengan pre-launching gedung Dekranasda Sleman yang terletak di Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Sleman pada Rabu (29/7/2020) lusa.

Advertisement

Sekretaris Dekranasda Sleman Prasetyo telah mengagendakan pre-launching dan launching Gedung Dekranasda Sleman pada tahun ini. "Pre-launching pada Rabu, 29 Juli, lalu launching pada September mendatang dihadiri Bupati Sleman [Sri Purnomo]," kata Prasetyo, Minggu (26/7/2020).

Meski di tengah pandemi, kegiatan peluncuran gedung baru ini akan berupaya menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Dekranasda juga menggelar pameran virtual agar khalayak luas bisa melihat seluruh produk Dekranasda,.

"Setelah pre-launching, kami akan promosikan bagaimana masuk ke portal kami untuk melihat produk lewat virtual exhibition. Jadi tetap bisa memilih produk UMKM Sleman tanpa harus hadir ke sini," imbuhnya.

Beragam produk mulai dari mebel dan furnitur, kerajinan berbahan kayu dan logam, hingga batik karya UMKM Sleman tersedia di Dekranasda Sleman. Produk-produk ini bahkan tak hanya diminati bagi warga lokal, melainkan sudah beberapa kali diekspor ke luar negeri.

Ketua Panitia 1 Pre-Launching Dekranasda Sleman, Ryan Hermawan, menambahkan peluncuran ini bekerjasama dengan Asosiasi Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Sleman Raya, Koperasi Serayu HIMKI, dan Batik Mukti Manunggal. Ia berharap kegiatan ini bisa membangkitkan UMKM Sleman.

"Target kami membangkitkan semangat teman-teman UMKM di Sleman. Dengan pameran virtual, nanti kita tetap bisa sasar penjualan dengan daring. Kami rangkul untuk penjualan lokal, nasional, hingga internasional," kata Ryan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement