Pemkab Bantul Izinkan Liga 1 Digelar di Sultan Agung, tapi Tanpa Penonton

Bek PSS Sleman Alfonso de La Cruz berusaha membuang bola saat laga uji coba antara PSS Sleman melawan Persib di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (17/2/2020) sore - Harian Jogja/Jumali
29 Juli 2020 16:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul memastikan memberikan izin lanjutan Liga 1 2020 digelar di Stadion Sultan Agung Bantul (SSA), 1 Oktober mendatang.

Sejauh ini telah ada tiga kontestan Liga 1 2020 yang akan berkandang di Stadion Sultan Agung Bantul, yakni PSM Makassar, Persija Jakarta dan Bali United.

Kepastian pemberian izin ini diungkapkan setelah adanya pertemuan antara Bupati Bantul, Disdikpora Bantul dengan perwakilan PT Liga Indonesia Baru (LIB) di ruang kerja Bupati Bantul, Rabu (29/7/2020) siang. Sebelumnya Pemkab saat cemas dengan adanya pandemi saat ini.

Pada pertemuan tersebut, PT LIB langsung diwakili Direktur Akhmad Hadian, memastikan menjamin pertandingan tanpa dihadiri suporter.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bantul Joko Surono, mengatakan Bupati Suharsono telah memberi izin pelaksanaan lanjutan Liga 1 2020 usai mendapatkan pemaparan dan jaminan tak akan ada suporter yang datang ke SSA.

Selain itu PT LIB juga telah berkoordinasi dengan Kapolda dan Gubernur DIY terkait antisipasi kehadiran suporter.

“Diharapkan pertandingan berjalan sukses dan aman,” katanya.

Lebih lanjut, Joko mengungkapkan, dengan masih adanya peningkatan kasus Covid-19 di Bantul masih menjadi perhatian dan kekhawatiran tersendiri baginya.

Oleh karena itu, pihaknya telah menyampaikan kepada operator kompetisi agar disampaikan pada operator kompetisi, agar terus mewaspadai perkembangan Covid-19. Rencananya, PT LIB akan rutin melakukan tes cepat massal setiap 14 hari.

“Selain itu swab test juga akan dijalani oleh pemain. Dari kami, selaku pengelola siap mendukung pelaksanaannya,” lanjutnya.

Joko menambahkan, sebagai salah satu bentuk dukungan pelaksanaan kompetisi, pihaknya akan melaksanakan protokol kesehatan mulai di pintu masuk stadion. Tak hanya memasang petugas yang bertugas mengecek suhu, ada kewajiban ke semua pihak untuk mencuci tangan dan menggunakan masker.

BACA JUGA: Seram! Warga Godean Ini Kaget Ada Ular di Helm yang Ia Kenakan

“Juga penerapan jaga jarak. Lami maksimalkan pengawasannya. jangan sampai terjadi penularan,” harap Joko.

Menurut Joko, meski lanjutan Liga 1 2020 direncanakan digelar 1 Oktober mendatang. Tetapi, sampai kini pihaknya belum menerima rundown dari PT LiB terkait jadwal pertandingan.

Kendati demikian, bisa dipastikan dua pekan menjelang pertandingan lanjutan, para pemain dari tiga klub tersebut telah tiba.

“Karena pasti butuh adaptasi dan waktu persiapan,“ tandasnya.