Dekranasda Sleman Dukung Percepatan Kebangkitan IKM Sleman di Era AKB

Bupati Sleman, Sri Purnomo, memindai barcode untuk masuk ke portal digital www.serayuhimki.com pada Pre-Launching Gedung Dekranasda Sleman, Rabu (29/7/2020). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
29 Juli 2020 19:47 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Dalam rangka mengoptimalkan peran dan program Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sleman, Pemkab Sleman membangun dan terus menyempurnakan Gedung Dekranasda Sleman.

Pembangunan ini bertujuan untuk mempromosikan hasil produk kerajinan industri kecil menengah (IKM) di Sleman kepada masyarakat domestik maupun internasional melalui fasilitas ruang pameran (galeri/showroom); mengoptimalkan pengembangan hasil produksi kerajinan; dan meningkatkan pendapatan masyarakat Sleman.

Untuk mempromosikan Gedung Dekranasda Sleman yang diharapkan mempercepat kebangkitan IKM di era adaptasi kebiasaan baru, maka pada Rabu (29/7/2020) digelar Pre Launching Gedung Dekranasda Sleman sekaligus Pembukaan Pameran Mebel, Kerajinan & Batik 2020. Kegiatan ini menghadirkan produk-produk pelaku usaha industri dari DPD Himki Sleman, Asosiasi Batik Mukti Manunggal, dan beberapa perajin Sleman lainnya. Pameran berlangsung sampai September 2020 atau sebelum grand-launching Gedung Dekranasda Sleman.

Ketua Panitia Pre-Launching, Ryan Hermawan, menuturkan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk mempromosikan produk kerajinan Sleman ke pembeli domestik maupun mancanegara. "Kami ingin tingkatkan pendapatkan masyarakat Kabupaten Sleman, lewat transaksi dengan platform digital lewat www.serayuhimki.com," ujar Ryan.

Gelaran pre-launching maupun pameran digelar dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru dalam menghadapi Covid-19. Konsep inovatif pre-launching Gedung Dekranasda Sleman ini sekaligus mendukung upaya promosi IKM di Sleman yang selaras dengan dengan kebijakan Dekranas Pusat, yakni mendorong produktivitas perajin/pelaku IKM melalui platform digital. Seremoni pre-launching dapat disaksikan masyarakat luas melalui media sosial maupun media publikasi lainnya.

Inovasi DPD Himki Sleman Raya pada gelaran Pameran Mebel, Kerajinan & Batik 2020 adalah pameran virtual yang dapat diikuti masyarakat melalui web penjualan online www.serayuhimki.com sebagai produk Koperasi Pemasaran DPD Himki Sleman Raya (Koperasi Serayu).

Web ini memudahkan pengunjung online memilih produk sebelum mengecek sampel produk secara langsung di Gedung Dekranasda. Web ini juga membuat pengunjung yang datang langsung ke lokasi tetap mendapatkan infomasi lengkap produk walaupun petugas yang melayani secara langsung di gedung terbatas melalui QR Code masing-masing produk.

Untuk inovasi produk batik dari Asosiasi Batik Mukti Manunggal dari aspek pengembangan produk, salah satunya adalah sarung batik bermotif Sinom Parijotho Salak. Para perajin batik yang tergabung di Asosiasi Batik Mukti Manunggal juga beradaptasi melakukan pemasaran online dengan lebih produktif dalam menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Selain produk kerajinan home interior, turut dihadirkan produk kerajinan yang dikembangkan dari cinderamata khas Sleman yakni Boneka Salman.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, mendukung sepenuhnya gelaran ini, terutama untuk mendukung percepatan kebangkaitan IKM Sleman di era adaptasi kebiasaan baru. Tak hanya meningkatkan geliat aktivitas perekonomian Sleman, kegiatan ini juga sangat selaras dengan visi Sleman sebagai Smart Regency yang mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi sehingga memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Inovasi-inovasi yang mendukung pembangunan Sleman Smart Regency yakni Smart Economy dan Smart Branding.