Advertisement

Mulai Ramai, Bupati imbau Pedagang dan Pengunjung Alun-alun Wates Patuhi Protokol Kesehatan

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 29 Juli 2020 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mulai Ramai, Bupati imbau Pedagang dan Pengunjung Alun-alun Wates Patuhi Protokol Kesehatan Bupati Kulonprogo, Sutedjo saat mengimbau seorang pedagang di Alun-alun Wates untuk mentaati protokol kesehatan, Selasa (29/7/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengimbau pedagang dan pengunjung di Alun-alun Wates untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Imbauan itu disampaikan saat Bupati bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat kabupaten meninjau kondisi alun-alun tersebut, Selasa (28/7/2020).

"Kami imbau kepada seluruh pedagang kaki lima dan pengunjung yang ada di sini [Alun-alun Wates] untuk mematuhi protokol kesehatan. Tadi saya masih lihat ada beberapa pengunjung yang tidak pakai masker, pedagang harusnya bisa mengingatkan mereka," kata Sutedjo.

Advertisement

Peninjauan ini menyusul kian ramainya Alun-alun Wates di tengah masa pandemi Covid-19. Hal itu sejatinya sesuai dengan kebijakan pemerintah menggerakkan kembali perekonomian masyarakat pasca terpuruk imbas pandemi. Namun, di sisi lain bisa menjadi bumerang apabila dalam keramaian ini tidak sesuai protokol kesehatan.

"Jangan sampai publik terjebak dengan kondisi saat ini, sehingga mengabaikan protokol kesehatan. Kita tidak boleh terlena, dan seakan-akan sudah aman. Covid-19 itu ancaman dan hingga sekarang masih ada," ucapnya.

Baca Juga: Seram! Warga Godean Ini Kaget Ada Ular Bersarang di Helm yang Ia Kenakan

Dalam peninjauan ini juga dilakukan pencanangan gerakan PKL patuh protokol kesehatan, pemasangan sticker tentang imbauan untuk mematuhi protokol kesehatan dan penyerahan bantuan dari Dinas Perdagangan dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berupa tempat cuci tangan protabel kepada paguyuban pedagang Alun-alun Wates.

Bagian Keamanan dan Hubungan Masyarakat Paguyuban Pedagang Alun-alun Wates (Paku Alwa), Bimo Prasetya mengatakan sejauh ini pihaknya sudah mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan yang ditentukan oleh pemerintah. Protokol ini tak hanya berlaku bagi pedagang, tapi juga pengunjung alun-alun.

"Untuk pengujung kalau tidak pake masker kami minta cari masker, kalau tidak mau pake, kami suruh pulang," ujarnya.

Baca Juga: Terpantau CCTV, Begini Kronologi Penemuan Bayi dalam Kardus di Godean

Bimo, mengatakan saat ini Alun-alun Wates memang sudah ramai kembali. Tidak seperti dua bulan lalu yang menurutnya begitu sepi karena imbas pandemi. Dengan kian ramainya alun-alun sementara saat ini masih masa pandemi, maka penerapan protokol kesehatan terus digencarkan.

"Seluruh pedagang di sini wajib pakai masker dan mengimbau pembeli untuk menerapkan protokol kesehatan salah satunya jaga jarak. Kami juga rutin memantau penerapan protokol kesehatan di sini," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Izin Tinggal Peralihan Jembatani Proses Transisi Izin Tinggal WNA di RI

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement