Covid-19 Terus Naik, Tanggap Darurat DIY Diperpanjang Lagi Sampai 31 Agustus

Ilustrasi - Freepik
30 Juli 2020 13:47 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Masa tanggap darurat Covid-19 yang ditetapkan Pemda DIY berakhir pada Jumat (31/7/2020) besok. Namun, Pemda DIY memperpanjang lagi masa tanggap darurat selama sebulan ke depan sampai dengan 31 Agustus 2020.

Sekretarus Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan perpanjangan masa tanggap darurat ini sudah diputuskan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. "Pak Gubernur sudah memutuskan untuk memperpanjang masa tanggap darurat sebulan lagi," ujarnya, Kamis (30/7/2020).

BACA JUGA: DIY Tambah 159 Kasus Positif Covid-19 Selama 10 Hari Terakhir, Ini Datanya..

Sejumlah pertimbangan perpanjangan itu adalah karena status bencana nasional sampai hari ini belum dicabut oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu, kasus positif di DIY masih cenderung naik. Sampai Rabu (29/7/2020) jumlah kasus positif Covid-19 di DIY sudah 587.

"Beberapa penanganan lain masih diperlukan dalam status tanggap darurat, seperti untuk pemulihan ekonomi, bantuan sosial dan sebagainya. Termasuk penggunaana BTT [belanja tidak terduga]," ungkapnya.

Sektor pariwisata pada perpanjangan tanggap darurat akan tetap dibuka dengan mekanisme uji coba seperti saat ini, dengan tetap menerapkan sejumlah pembatasan dan protokol kesehatan.