Lebih Murah dari Puskesmas, Calon Penumpang KA Merasa Rapid Test Covid-19 di Stasiun Menguntungkan

Ilustrasi - Freepik
30 Juli 2020 16:57 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Layanan rapid test telah disediakan di Stasiun Tugu Jogja mulai Kammis (30/7/2020) ini dengan biaya Rp85.000 sekali tes. Penumpang kereta api jarak jauh pun menyatakan terbantu dengan penyediaan tes cepat Covid-19 ini.

Hal tersebut diungkapkan salah satunya oleh Himawan Andrian, seorang calon penumpang kereta api di Stasiun Tugu. "Sangat membantu pekerja seperti saya yang ingin kembali ke Bekasi, Jawa Barat. Tidak perlu datang ke puskesmas tetapi cukup ke stasiun saja," kata Himawan usai mengikuti rapid test di Stasiun Tugu, Kamis.

Menurut dia, harga yang ditawarkan lebih murah dibanding rapid test di puskesmas, yang ditetapkan sebesar Rp150.000.

"Hasilnya pun langsung keluar. Tinggal ditunggu saja," kata calon penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api dari Stasiun Lempuyangan pada Jumat (31/7/2020) malam ini.

Sementara, Executive Vice President PT KAI Daop 6 Jogja Asdo Artriviyanto pada pembukaan pelayanan Rapid Test di Stasiun Yogyakarta mengungkapkan, layanan Rapid Test yang diselenggarakan di Stasiun Jogja dan Stasiun Solo Balapan ini disediakan untuk lebih memudahkan pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Pada Agustus mendatang secara bertahap beberapa perjalanan KA yang sempat berhenti operasi akibat adanya pandemi Covid-19 akan kembali beroperasi meskipun belum seluruh KA dijalankan. “Kami berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkan layanan Rapid Test dengan harga terjangkau yang telah tersedia di Stasiun ini,” katanya, Kamis (30/7/2020).

Asdo menambahkan, perjalanan KA jarak jauh sesuai SE Gugus Tugas Covid-19 No.9/2020 masih mensyaratkan penumpang untuk membawa Surat Bebas Covid-19 dari hasil PCR atau Rapid Test yang masih berlaku 14 hari sejak diterbitkan, atau boleh surat keterangan sehat bebas influenza like illness yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR atau rapid test.

Oleh karena hal tersebut, PT KAI Daop 6 Yogyakarta bersama PT Rajawali Nusindo yang merupakan anak perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyelenggarakan layanan Rapid Test Covid-19 dengan harga terjangkau di Stasiun Jogja dan Stasiun Solo Balapan untuk memudahkan calon penumpang yang akan menggunakan KA.

Layanan Rapid Test ini tersedia dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 - 19.00 WIB. Pelanggan yang berhak melakukan Rapid Test di stasiun ini diharuskan memiliki kode booking tiket KA Jarak Jauh.

Baca Juga: Covid-19 Terus Naik, Tanggap Darurat DIY Diperpanjang Lagi Sampai 31 Agustus

“Penyediaan layanan Rapid Test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api. Dengan hadirnya layanan ini, diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan,” ucapnya.

Perwakilan PT RNI Perwakilan DIY Untoroyono Tjokronegoro mengungkapkan, program tersebut ditujukan untuk mendukung pemerintah membangkitkan perekonomian.

"Salah satunya di bidang transportasi yaitu memberikan tes kesehatan untuk masyarakat yang ingin bepergian dan beraktivitas dalam kondisi sehat. Ini screening awal deteksi kesehatan," terangnya.

Baca Juga: Ini Dua Kecamatan di Kota Jogja yang Belum Tersentuh Kasus Covid-19

Setiap hari, RNI menyediakan sekitar 200 test kit antibodi, dan penumpang sudah bisa mengetahui hasilnya dalam waktu sekitar 15 menit.

Daop 6 Jogja saat ini sudah menjalankan sejumlah kereta, baik kereta ekonomi PSO yang dioperasionalkan setiap hari seperti Sri Tanjung dan Bengawan, maupun kereta yang dijalankan saat akhir pekan.

Untuk mengakomodasi kebutuhan perjalanan saat Iduladha, sejumlah kereta seperti Argo Dwipangga, Argo Lawu, Taksaka, dan Senja Utama Solo juga akan dioperasionalkan.