Hari Pertama Iduladha, ACT DIY Salurkan Qurban di Pelosok Gunungkidul

SUasana Global Qurban ACT DIY di Desa Kepek, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul- DIY. - Ist
01 Agustus 2020 08:27 WIB Media Digital Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Suasana di masyarakat Desa Kepek, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul- DIY sangat meriah.

Ternyata, di hari pertama perayaan hari raya Iduladha, Global Qurban ACT DIY  membersamai warga Kepek untuk menunaikan amanahnya, menyalurkan kurban untuk masyarakat di pelosok DIY.

Gema takbir khas Iduladha bersahut-sahutan mengiringi prosesi penyembelihan hewan kurban. Selanjutnya, hewan kurban berupa sapi serta kambing, secara gotong royong disembelih, dipotong hingga dicacah, untuk masyarakat Desa Kepek dan sekitarnya.

Baca juga: Cara Menjaga Daging Agar Awet dan Tidak Bau Ketika Disimpan

Menurut cerita warga setempat, di Desa Kepek ini tidak ada satupun warganya yang memiliki sumur air, pasalnya geografis wilayahnya berupa perbukitan berbatu dan tidak memungkinan untuk didapat sumber air tanah walau sudah dibor seratusan meter, alhasil semua kebutuhan air dipasok dari pipa PDAM yang sumbernya airnya diambil dari dekat pantai Gunungkidul.

Dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, pada Sabtu (1/8/20200, pada prosesi penyembelihan hewan kurban kali ini, sebanyak ratusan paket daging kurban dibagi-bagikan kepada masyarakat sekitar, tak terkecuali anak-anak hingga ibu-ibu lansia.

Baca juga: Ratusan Hewan Kurban di Sleman Ditemukan Cacing Hati

Dwi, ketua RW setempat yang turut mengikuti prosesi penyembelihan kurban dari awal hingga akhir, menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan hewan kurban dari ACT untuk warganya.

"Semoga hewan kurban ini, menjadi keberkahan para shohibul kurban serta ACT, dan semoga di tahun depan warga sini juga dapat jatah kurban lagi," ungkapnya sambil tersenyum ceria.