Jokowi Arahkan Sekolah di Zona Kuning Dibuka, Ini Langkah Pemda DIY

Ilustrasi belajar. - Pixabay
07 Agustus 2020 20:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan agar seluruh sekolah di zona kuning Covid-19 kembali dibuka.  Namun, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY masih akan mempertimbangkan banyak hal sebelum memulai pembelajaran tatap muka.

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya, mengatakan jawatannya tidak mau gegabah. “Bagaimana pun perlu pertimbangan berbagai pihak. Seperti ikatan dokter anak, dari gugus tugas, oran gtua siswa juga,” ujar Didik, Jumat (7/8/2020).

Didik mengatakan Disdikpora DIY juga akan berkomunikasi dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengenai kebijakan dari Pemerintah Pusat tersebut. Menurut dia, pembelajaran jarak jauh masih menjadi pilihan teraman.

BACA JUGA: Jokowi Arahkan Seluruh Sekolah di Zona Kuning Kembali Dibuka

“Untuk sekarang sepertinya masih aman pembelajaran jarak jauh. Kalau pembelajaran tatap muka mungkin harus ada simulasi dan dari tingkat yang paling tinggi. Kami mohon siswa, orang tua juga dapat sabar, sembari melihat perkembangan kondisi yang ada. Saat ini kesehatan menjadi perhatian utama,” katanya.

Menurutnya kendalaan pembelajaran daring untuk wilayah DIY masih dapat diatasi. Metode blended learning atau pembelajaran melalui Whatsapp dapat mengatasi masalah jaringan internet.

“Ada blended learning, semisal ada kendala jaringan, guru mendatangi murid dengan beberapa kelompok. Ini banyak dilakukan untuk SLB. Kemudian jika memang tidak bisa interaktif langsung, bisa menggunakan Whatsapp. Guru memberikan tugas-tugas yang sifatnya mengasah kreativitas, nanti dikirim,” ujarnya.

Saat ini, sebagian besar wilayah di DIY berstatus zona kuning Covid-19.