Sempat Ditutup, Penerbangan Internasional di YIA Segera Dibuka Kembali

Pts General Manager YIA, Agus Pandu Purnama (kanan), bersama Bupati Kulonprogo, Sutedjo, (tengah kaca mata) mengecek fasilitas ambulan bantuan dari PT Angkasa Pura 1 kepada Pemkab Kulonprogo di komplek Pemkab Kulonprogo, Rabu (8/7/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
07 Agustus 2020 11:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--PT. Angkasa Pura 1 (AP 1) selaku pengelola Yogyakarta International Airport (YIA) di Kapanewon Temon, Kulonprogo, akan membuka rute penerbangan internasional pada 16 Agustus mendatang. Rute internasional sebenarnya sempat dibuka pada 8 Juli lalu, tetapi belakangan ditutup kembali.

"Ya 16 Agustus rencananya kami kembali membuka rute penerbangan internasional. Rute ini akan dilayani oleh maskapai Air Asia dengan rute Kuala Lumpur-YIA dan akan kembali dari YIA-Kuala Lumpur," kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, kepada awak media, Jumat (7/8/2020).

Pandu menjelaskan rute ini akan melayani empat kali penerbangan. Dalam sepekan dilakukan sebanyak dua kali, yakni Jumat dan Minggu. Pada September, YIA juga melayani penerbangan internasional untuk rute dari dan ke Singapura, menggunakan maskapai Tigerair scoot. Maskapai ini dijadwalkan melayani penerbangan seminggu full. 

BACA JUGA : Resmi, YIA Sudah Mulai Layani Penerbangan Internasional

Airport Planning, Safety Health Environment, Quality & Risk Management Senior Manager YIA, Bambang Triyono mengatakan rata-rata jumlah penumpang di YIA, kini mencapai lebih dari 3.000 orang per hari. Jumlah ini meningkat dibanding sebelumnya yang berkisar 2.500 orang.

"Jumlah penumpang tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 31% apabila dibandingkan dengan rata-rata trafik penumpang per harinya yaitu 2.785 penumpang," ujarnya.

Penumpang

Selama Juni 2020, total penumpang melalui YIA sebanyak 48.806 penumpang, dengan jumlah keberangkatan sebanyak 22.358 penumpang dan kedatangan sebanyak 26.448 penumpang. Sementara pada Juli terdapat peningkatan penumpang sebesar 87% dengan total 80.772 penumpang, dan total keberangkatan sebanyak 35.273 dan kedatangan sebanyak 45.499 penumpang.

BACA JUGA : Tiga Hotel Berbintang di Sekitar YIA Mulai Dibangun

Dia memaparkan, rute terbanyak yang saat ini beroperasi di YIA adalah rute dari dan menuju Cengkareng, Jakarta (CGK). Pada bulan Juli terdapat 342 pergerakan pesawat untuk rute Jakarta. Kedua adalah rute Balikpapan (BPN) dengan 172 pergerakan, dan disusul rute Banjarmasin (BDJ) sebanyak 118 pergerakan. "Ketiga rute ini menjadi rute favorit bagi pengguna jasa di YIA," ucapnya.

Protokol Kesehatan

Menurutnya peningkatan ini tak lepas dari kepercayaan publik terhadap pelayanan di bandara yang pada masa pandemi Covid-19 menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sejak diberlakukannya surat Edaran Gugus Tugas Nasional Percepatan penanganan COVID-19 Nomor 7 tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid - 19 terdapat peningkatan jumlah  penumpang yang signifikan di Bandara Internasional Yogyakarta.

"Peningkatan tersebut diikuti  dengan langkah pengelola untuk memperketat pelaksanaan protokol kesehatan di YIA, baik bagi penumpang, pengunjung, petugas bandara, maupun mitra usaha," jelasnya.