Advertisement

Tiga Hotel Berbintang di Sekitar YIA Mulai Dibangun

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 03 Agustus 2020 - 17:27 WIB
Bhekti Suryani
Tiga Hotel Berbintang di Sekitar YIA Mulai Dibangun Sejumlah kendaraan melintas di depan proyek pembangunan hotel yang berlokasi di depan pintu masuk YIA, Kapanewon Temon, Kulonprogo, Senin (3/8/2020).-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Kulonprogo, memastikan ada tiga hotel berbintang yang kini sedang tahap pembangunan di sekitar kawasan Yogyakarta International Airport (YIA), Kapanewon Temon. Ketiga hotel itu disebut-disebut bakal beroperasi pada tahun depan.

"Ya saat ini sudah ada tiga hotel berbintang yang memulai pembangunan di sekitar bandara, dan menurut informasi dari investor, proses [pembangunan] ini memakan waktu 1,5 tahun, artinya pada tahun depan hotel sudah jadi dan siap beroperasi," kata Kepala DPMPT Kulonprogo, Agung Kurniawan saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (3/8/2020).

Advertisement

Agung enggan menyebut nama ketiga hotel itu. Namun ia pastikan, ketiganya yang merupakan hotel bintang tiga dan empat itu telah mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sehingga sudah dibolehkan memulai pembangunan. Adapun lokasi ketiga hotel ini berada tak jauh dari YIA dan masih masuk pengembangan kawasan Aerotropolis.

BACA JUGA: Jadi Sorotan di Dunia Maya gegara Hadi Pranoto, Anji Semprot Balik Warganet

Selain tiga hotel itu, Agung menyebut ada dua hotel lagi yang akan berdiri di sekitar bandara. Namun, dua hotel yang juga sama-sama masuk kategori bintang tiga dan empat ini belum bisa memulai pembangunan karena pihak pemrakarsa masih mengurus dokumen lingkungan untuk kemudian mendapat IMB.

"Selain itu ada juga hotel berbintang milik Angkasa Pura 1, tapi untuk yang ini sudah beroperasi. Sehingga totalnya untuk saat kni sudah ada enam investor perhotelan, satu di dalam bandara [milik AP-1] dan sisanya di luar bandara tapi masih masuk kawasan pengembangan aerotropolis, yakni di Kapanewon Temon dan sebagian Pengasih," ucapnya.

"Kami juga dapat informasi ada beberapa investor lagi yang minat untuk bangun hotel di Kulonprogo, dan sekarang baru taraf studi kelayakan," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement