Akan Cair Dalam Waktu Dekat, Bansos untuk Warga Jogja Dipangkas Separo

Ilustrasi bantuan
11 Agustus 2020 19:17 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Bantuan Sosial Tunai (BST) gelombang dua rencananya akan dibagikan pada antara akhir Agustus atau awal September. Dinas Sosial Kota Jogja masih terus lakukan komunikasi dengan Kementerian Sosial terkait pembagian BST gelombang dua ini.

Kepala Dinsos Kota Jogja, Agus Sudrajat menyebutkan BST kemungkinan akan digulirkan pada Agustus atau awal September. "Cair akhir Agustus atau awal September, Agustus-September akan diberikan dua bulan, kemudian nanti Oktober satu bulan, November-Desember akan dijadikan satu di bulan November," terangnya dihubungi pada Selasa (11/8/2020).

Adapun nominal BST yang diberikan pada gelombang dua turun separuh atau 50 persen dari BST gelombang pertama. Nominal BST yang diberikan pada gelombang dua sebesar Rp300.000 per bulan.

"Penerima BST kemarin kan ada pengusulan penghapusan data, kemudian sudah diusulkan penggantinya, kemungkinan ada perubahan nya, tetapi By Name By Address belum ada," jelas Agus. Dia menambahkan bahwa kemungkinan besar di daerah lain pun belum ada yang menerima BST, paling akhir Agustus atau awal September. Penyaluran BST rencananya akan tetap dilakukan lewat kantor Pos.

BACA JUGA: Rider Jogja Galang Hendra Raih Poin Pertama di WorldSSP Portimao Portugal

Agus menerangkan ada satu program bantuan baru bernama Program Sembako. Program ini akan diberikan kepada pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Pemegang KKS selama ini mendapatkan sembako senilai Rp200.000 per bulan. Meraka akan mendapatkan bantuan melalui Program Sembako berupa uang tunai sebesar Rp500.000 yang diberikan satu kali.

Sementara itu disebutkan Agus warga yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) akan mendapatkan bantuan beras yang setara Rp500.000 per bulan. "Tetapi dipecah untuk tiga bulan, jadi tiap bulannya 15 kilogram 15 kilogram," terangnya. Namun Agus belum dapat mengetahui secara pasti kapan bantuan tersebut akan didistribusikan. "kemungkinan September, Oktober atau akhir Agustus, masih menunggu konfirmasi dengan Kemensos," imbuhnya. Dia menambahkan bahwa untuk penyaluran bantuan beras kemungkinan akan dilakukan melalui Bulog.