Bantu Kebutuhan Pangan Saat Pandemi, ACT DIY Hadirkan Lumbung Sedekah Pangan

Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY melaunching program Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan, Kamis (13/8/2020). - Ist/dok
13 Agustus 2020 14:17 WIB Media Digital Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY melaunching program Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan, Kamis (13/8/2020). Program ini dibuat untuk masyarakat prasejahtera yang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19 saat ini.

Lumbung Sedekah Pangan ini di launching di Jl. Tritunggal No.1, Kota Jogja, tepat di depan Kembar 2 Swalayan agar masyarakat setempat dapat lebih mudah untuk memanfaatkan adanya bantuan pangan ini. Lebih lanjut agar supaya para pengunjung swalayan setempat juga dapat dengan mudah ketika ingin menyalurkan bantuannya melalui rak pangan yang tersedia. 

Baca juga: Lebih dari Sekadar Penghasilan, Ini 3 Hal yang Didapatkan dari Wirausaha

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY Bagus Suryanto mengatakan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan merupakan aksi filantropi yang dilakukan dari masyarakat untuk masyarakat. Aksi ini melibatkan semua elemen masyarakat untuk memberikan sedekah pangan kepada masyarakat prasejahtera di era new normal saat ini yang belum juga mengalami pemulihan ekonomi.

“Banyak usaha kecil terdampak pandemi Covid-19 yang hingga saat ini mengalami penurunan penjualan. Pedagang-pedagang kecil mulai kehilangan pembeli, kesulitan mendapatkan bahan baku, sulit mengembalikan pinjaman, hingga berdampak pada nihilnya penghasilan.” terangnya.

Baca juga: Viral Video Disebut-sebut Orang tak Dikenal di Pesawat Citilink, AP II Lakukan Investigasi

“Ke depan Lumbung Sedekah Pangan ini akan hadir di masjid, sekolah, perumahan, perkantoran, mall dan swalayan yang menjadi pusat rak-rak Lumbung Sedekah Pangan ini. Dan nantinya sekali 3 hari tim ACT akan menjemput kedermawanan masyarakat yang berdonasi pangan di rak-rak Lumbung Sedekah Pangan yang tersedia, dan nantinya akan disalurkan ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” sambungnya.

Dalam waktu dekat rencananya ACT DIY akan membuka 10 titik Lumbung Sedekah Pangan di seluruh DIY, harapannya masyarakat dapat dengan mudah bersedekah pangan dan mengambil seperlunya bantuan pangan yang tersedia di rak tersebut. Saat ini Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan (GN LSP) telah hadir di seluruh wilayah tanah air yang telah ada Kantor Cabang ACT di 45 Provinsi dan Kabupaten/Kota.