Penumpang Kereta Api Relasi Jogja Berpeluang Dapat Voucher dan Suvenir

Foto ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan
17 Agustus 2020 04:37 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Penumpang kereta api relasi Jogja yang bepergian pada 17 Agustus berkesempatan dapat voucher dan masker gratis.

PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta menyiapkan belasan voucher, puluhan souvenir dan ribuan masker yang akan dibagi-bagikan kepada penumpang kereta jarak jauh yang beruntung yang melakukan perjalanan tepat pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami ingin ikut menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus memberikan apresiasi ke penumpang yang tetap memilih moda transportasi kereta api,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Minggu (16/8/2020).

BACA JUGA: Geger Pesta Pernikahan di Gunungkidul, Pengantinnya Ternyata Positif Covid-19

Menurut dia, hadiah berupa 17 voucher kereta api eksekutif, 75 souvenir dan 1.945 masker hanya akan diperuntukkan bagi penumpang tiga kereta api jarak jauh yaitu KA Senja Utama Solo, Senja Utama Yogyakarta dan Lodaya dari Stasiun Yogyakarta.

Pada Senin (17/8/2020), petugas akan melakukan undian untuk penumpang yang berangkat tepat pada hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Bagi masyarakat yang hendak bepergian, maka segera saja melakukan pemesanan tiket untuk perjalanan pada hari kemerdekaan. Mungkin beruntung untuk memperoleh hadiah-hadiah menarik tersebut,” katanya.

Selain untuk memeriahkan peringatan hari Kemerdekaan RI, pembagian masker kepada penumpang tersebut juga ditujukan sebagai bentuk kampanye gerakan disiplin menggunakan masker pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

“Kereta api pun, lanjut dia, selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, agar penumpang pun tetap merasa aman dan nyaman dalam perjalanan,” katanya.

Protokol kesehatan yang diberlakukan di antaranya, penumpang wajib membawa surat bebas COVID-19, selalu memakai masker, suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat celcius, tidak sedang demam, batuk, pilek, atau sesak nafas, dan mengimbau penumpang mengenakan pakaian lengan panjang.

Penumpang pun akan difasilitasi face shield yang wajib dipakai di sepanjang perjalanan, namun untuk penumpang dengan usia di bawah tiga tahun disarankan membawa face shield sendiri.

Sedangkan untuk memfasilitasi kebutuhan pelanggan pada libur panjang hari Kemerdekaan dan libur Tahun Baru Hijriah pada Kamis (20/8/2020), PT KAI pun menyiapkan beberapa tambahan perjalanan kereta.

Kereta jarak jauh di Daop 6 Yogyakarta yang sudah dioperasionalkan tiap hari di antaranya KA Bengawan relasi Pasar Senin-Purwosari, Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar, Sritanjung relasi Lempuyangan-Ketapang.

Tiap akhir pekan dan tanggal tertentu, juga dioperasionalkan sejumlah kereta seperti KA Joglosemarkerto, Taksaka, Senja Utama Yogyakarta, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Senja Utama Solo, Mataram, Lodaya, Progo, Argo Wilis, Bima, Turangga, Matarmaja, Pasundan, Wijaya Kusuman, Brantas, Mutiara Selatan, dan Malabar.

“Calon penumpang bisa memantau jadwal perjalanan dan ketersediaan tiket melalui aplikasi KAI Access atau di seluruh mitra resmi penjualan tiket kereta api,” katanya.

Sumber : Antara