Pekan Depan, Bansos Beras Kemensos Untuk 60.908 Keluarga di Bantul Mulai Ditrisbusikan

Beras - Pixabay
03 September 2020 14:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 60.908 keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Bantul akan mendapatkan bantuan sosial (bansos) beras.

“Pekan depan sudah kami bagikan. Saat ini kami sedang bersiap. Rencana besok [Jumat, 4/9/2020] kami akan berkoordinasi dengan Bulog DIY dan transporter, terkait teknis penyaluran,” kata Koordinator PKH Bantul Rini Natalina, Kamis (3/9/2020).

Menurut Rini, bantuan tersebut merupakan program nasional dari Kementerian Sosial untuk menunjang kebutuhan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Secara nasional ada total 10 juta keluarga yang bakal mendapat kemanfaatan. Di DIY ada 204.334 keluarga penerima manfaat PKH.

BACA JUGA: COVID-19 DI DIY: Pekerja Kesehatan Terus Berjatuhan, Keselamatan Warga Dipertaruhkan

“Ini untuk memenuhi kebutuhan dasar," lanjut Rini.

Rini mengungkapkan bansos beras diberikan untuk tiga bulan, yakni Agustus, September dan Oktober, masing-masing keluarga menerima 15 kilogram. Pada penyaluran pertama, bansos diberikan dua bulan langsung, untuk Agustus dan September, sehingga keluarga penerima mendapat 30 kilogram.

“Untuk Oktober mendatang sebesar 15 kilogram beras untuk setiap keluarga penerima,” kata Rini.

Kepala Kanwil Perum Bulog DIY, Juaheni, menuturkan dalam bansos beras ini, Bulog menjadi penyedia beras medium. Ia memastikan kualitas beras untuk bansos ini sudah bagus.