75 Calon Kepala Desa di Bantul Ditetapkan, Perempuan Hanya Dua Orang

Ilustrasi. - Freepik
07 September 2020 13:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Bagian Administrasi Pemerintahan Desa, Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul mengumumkan ada 75 calon kepala desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 27 Desember mendatang. Dari 75 calon kepala desa, hanya dua orang yang perempuan.

Kedua calon kepala desa perempuan dari itu dari Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon dan DesaTamanan, Kecamatan Banguntapan, “Total jumlah calon lurah [kepala desa] laki-laki sebanyak 73 orang dan calon lurah perempuan dua orang,” kata Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa, Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul, Kurniantoro, saat dihubungi Senin (7/9/2020).

Baca juga: Jokowi Ingatkan Warga Waspada Klaster Keluarga, Kantor Hingga Pilkada

Kurniantoro mengatakan para calon kepala desa tersebut berdasarkan hasil seleksi panitia Pilkades yang lolos di 24 desa. Sementara yang tidak lolos tercatat ada sembilan orang. Ia berujar setelah penetapan calon kepala desa ini, tahapan Pilkades masih ditunda karena pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19.

Selain itu penundaan dilakukan karena mendahulukan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) serentak “Tahapan akan dilanjutkan kembali pada Senin, 21 Desember 2020 dengan tahapan kampanye calon lurah,” ucap Kurniantoro. Pilkada serentak diketahui akan digelar pada 9 Desember mendatang.

Baca juga: Pilkada Serentak 2020, Total 687 Bapaslon sudah Mendaftar ke KPU

Lebih lanjut Kurniantoro mengatakan lanjutan tahapan Pilkades serentak juga dilaksanakan dengan memperhatikan dan mempedomani protokol kesehatan pencegahan pandemi Covid-19. Ia juga meminta semua pihak untuk turut serta menciptakan situasi yang tertib, aman, nyaman, dan kondusif untuk suksesnya pesta demokrasi desa ini.