XL Axiata Salurkan 92.000 Paket Internet Gratis untuk Pelajar di DIY

Penyerahan bantuan dari XL Axiata. - Ist.
08 September 2020 16:47 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyalurkan sekitar 92.000 paket internet gratis khusus bagi pelajar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya. Penyaluran dilakukan melalui lebih dari 540 sekolah yang berada di wilayah Yogyakarta, Sleman, Magelang, Temanggung, dan Wonosobo sejak awal September 2020. Head of Sales area DIY XL Axiata, Yudith Sabrina secara langsung menyerahkan bantuan ini kepada perwakilan para sekolah penerima.

Yudith Sabrina mengatakan pihaknya berkomitmen kuat untuk mendukung program pemerintah guna meringankan beban peserta didik dan guru yang harus menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi. “Kami sangat memahami persoalan yang dihadapi sebagian pelajar dan guru yang harus mengeluarkan dana tambahan untuk membeli kuota data agar bisa terus mengikuti PJJ,” terangnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (8/9/2020).

Yudith menambahkan, pihaknya juga sedang dalam upaya untuk memberikan bantuan ini ke sekolah-sekolah lainnya di wilayah kecamatan lainya di seluruh DIY hingga Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Dia berharap dengan adanya penyaluran paket internet gratis ini bisa membantu memperlancar pelaksanaan PJJ dan tentunya dapat ikut mensukseskan program pemerintah.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Bausasran, Suwarjo sebagai salah satu penerima bantuan mengapresiasi inisiatif dari XL Axiata sebagai operator telekomunikasi dan layanan internet melalui bantuan paket internet ini. “Masalah kuota data memang menjadi persoalan riil yang dihadapi banyak siswa kami sejak PJJ dilaksanakan. Bantuan ini memang sangat kami perlukan. Kami akan segera menyalurkannya ke para siswa agar bisa segara dimanfaatkan untuk mengikuti PJJ,” katanya.

Paket internet gratis khusus bagi pelajar yang diberikan berupa kartu AXIS yang di dalamnya sudah tersedia kuota sebesar 30GB untuk akses internet selama dua bulan. Dengan total kuota gratis sebesar itu, para pelajar dapat menggunakan paket ini untuk mengakses berbagai aplikasi penunjang belajar dan PJJ. Aplikasi-aplikasi yang dimaksud biasa dipakai guru mengirimkan materi atau bahan pelajaran, serta mengirimkan tugas, antara lain Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom. 

Selain itu kuota gratis tersebut juga bisa dipakai untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang menyediakan bahan pendukung pelajaran seperti Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.

Dari sisi jaringan, XL Axiata juga memastikan jaringan 4G telah tersedia dan melayani masyarakat di DIY hingga Jawa Tengah, termasuk untuk melaksanakan PJJ. Kualitas jaringan terus XL Axiata pantau sehingga bisa mendukung akses ke berbagai jenis layanan data, termasuk untuk membuka konten-konten digital berukuran besar.