Hasil Tes PCR Negatif, UPNVY Tetap Berlakukan Isolasi Mandiri

Ratusan mahasiswa dan dosen berfoto bersama seusai pembukaan JOBN 2018 di UPN Veteran Yogyakarta, Jumat (3/8/2018). - Harian Jogja/Sunartono
09 September 2020 18:17 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Dua belas civitas akademika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) dinyatakan negatif Covid-19 pada hasil tes PCR dari tracing contact seorang mahasiswa pascasarjana berinisial AA yang dikonfirmasi positif pada 1 September lalu.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 UPNVY, Eko Teguh Paripurno menuturkan 12 orang itu terdiri dari enam dosen, dua tenaga kependidikan, dan empat mahasiswa yang sempat kontak erat dengan mahasiswa berinisial AA tersebut. Sementara itu, AA sendiri juga sudah dinyatakan negatif untuk tes swab yang dilakukan padanya terakhir kali.

"Hasil tes swab yang pertama kali AA positif dan yang kedua kali negatif. Begitu pula dosen dan mahasiswa yang melakukan kontak erat dan kontak singkat, hasilnya negatif dan non reaktif," kata Eko pada Rabu (9/9/2020).

Baca Juga: Mulai Besok Pelanggar Protokol Kesehatan di Sleman Didenda Rp100.000

Sebelumnya AA dinyatakan berstatus terkonfirmasi positif Covid-19 pada hasil swab test yang ia lakukan sebagai persyaratan ke luar negeri. Sebelum hasil tesnya keluar, ia justru menggelar sidang tesis secara luring di kampus UPNVY.

Kendati hasilnya negatif dan nonreaktif, UPNVY mewajibkan dosen dan mahasiswa tersebut untuk isolasi mandiri. Selain itu, juga dilakukan penutupan sementara salah satu fakultas yang menaungi AA.

Baca Juga: Ribuan Pil Koplo dan Miras Dimusnahkan

“Saat ini gedung salah satu fakultas masih kami tutup dan dilakukan sterilisasi. Semua aktivitas dilakukan secara daring,” tuturnya.

Eko menambahkan penerapan protokol pencegahan dan penularan Covid-19 terus diperketat di kampus UPNVY kendati adaptasi kebiasaan baru terus dilakukan. Saat ini aktivitas akademik dan pelayanan mahasiswa sudah dilakukan secara luring dengan memperhatikan protokol kesehatan.