Pemkab Bantul Lacak ASN Terpapar Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
11 September 2020 20:07 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul akan melakukan tes swab massal kepada semua aparatur sipil negara (ASN) di sejumlah organisasi perangkat daerah, terutama yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat.

“Walaupun tidak ada yang posositif [ASN di OPD tertentu] tapi tes ini penting untuk rangka mengungkap, karena sekarang kan banyak orang tanpa gejala [OTG],” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis di Parasamya, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bantul, Jumat (11/9/2020).

Helmi mengatakan tes swab massal akan menyasar semua ASN. Namun yang diutamakan ASN yang bekerja di intansi yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat seperti Dinas Kependudukan, dan Pecancatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT).

BACA JUGA: Suami Kerja Tak Dibayar, Ratusan Istri Tidur di Kantor Perusahaan Sawit

Berdasarkan informasi dari salah satu ASN Pemkab Bantul, terdapat beberapa ASN yang tertular Covid. Mereka tertular dari klaster rapat-rapat di OPD terkait.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso tidak mengetahui jumlah ASN yang tertular Covid-19. “Selama ini sistem kami tidak mendeteksi semua jenis pekerjaan yang dilaporkan dari layanan,” kata Sri Wahyu.

Gugustugas juga sudah mengevaluasi terkait rapat-rapat yang berpotensi dapat menularkan Covid-19.