Advertisement

Rachmat Gobel Harapkan Bakmi Jawa Jadi Paten Asli Gunungkidul

David Kurniawan
Senin, 14 September 2020 - 00:27 WIB
Budi Cahyana
Rachmat Gobel Harapkan Bakmi Jawa Jadi Paten Asli Gunungkidul Rachmat Gobel - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, mengapresiasi keberadaan bakmi Jawa khas Gunungkidul saat bertemu dengan komunitas penjual bakmi Gunungkidul, Jumat (11/9/2020) malam.

Ia pun berharap ada hak paten sehingga nanti tidak diklaim oleh pengusaha besar. Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan karena bakmi Jawa memiliki prospek bisnis yang baik. “Jadi jangan sampai nanti ada klaim paten dari pengusaha besar,” kata Rachmat kepada wartawan.

Advertisement

“Jangan sampai direbut oleh pengusaha besar, ini tantangan bagi pemerintah serta para penjual bakmi agar brand ini bisa dipertahankan yang jadi sumber kekuatan dalam berusaha.”

BACA JUGA: Industri Mebel dan Kerajinan Nasional Terpukul Regulasi di Hulu dan Hilir

Ia pun bermimpi bakmi Gunungkidul ini bisa menjadi industri besar sehingga bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Rahmat mengakui kualitas bakmi Gunungkidul karena saat pertama kali mencoba langsung tertarik dengan cita rasa yang khas.

“Ada kekhasan bumbu dan kekuatan rasa yang khas dan enak. Saya yakin kalau dikembangkan bisa maka bisa lebih terkenal lagi,” kata Ketua DPP Partai Nasdem ini.

Ia pun menyarakan industrialisasi bakmi Gunungkidul. Di tahap awal, para penjual bisa membuat koperasi. Dengan badan hukum, pemerintah bisa leluasa memberikan program bantuan yang bisa dipergunakan anggota dalam pengembangan. Selain itu, dalam pengembangan juga memperhatikan kemasan sehingga menarik minat dari masyarakat. “Untuk kualitas, bakmi Jawa Gunungkidul tidak kalah dengan industri-industri mie besar yang saat ini ada di pasaran,” katanya.

BACA JUGA: Surati Jokowi karena Tak Setuju PSBB, Ini Profil Budi Hartono Orang Terkaya di Indonesia

Rachmat menambahkan pengembangan usaha kecil menjadi prioritas utama. Meski tidak menolak adanya investor, keberadaan industri kecil atau UMKM harus terus dilindungi. “Kesejahteraan rakyat adalah yang utama. Kita memang butuh investasi, tapi keberadannya jangan sampai melemahkan semuanya,” tegasnya.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi memberikan apresiasi atas kehadiran Rahmat Gobel. Ia pun sepakat bahwa industri kerakyatan harus menjadi prioritas utama. “Semua kebijakan pemerintah harus bermuara pada kesejahteraan rakyat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement