20 Finalis Ikut Pemilihan Duta Genre DIY 2020

Kepala BKKBN DIY Ukik Kusuma Kurniawan saat memberikan sambutan di di Hotel Grand Dafam Rohan Sabtu (19/9/2020) dalam acara Pemilihan Duta Genre DIY 2020. - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
19 September 2020 19:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Sebanyak 20 finalis ikut dalam Pemilihan Duta Genre DIY tahun 2020. Peserta yang diseleksi berasal dari 120 pendaftar yang ikut serta dalam pemilihan duta genre yang dilaksanakan oleh BKKBN DIY pada 2020.

Ketua Pelaksanaan Duta Genre DIY 2020 Fachri Muzaki mengatakan pemilihan duta genre DIY tahun 2020 bertemakan Ambeg Utomo, Andhap Asor. Artinya selalu menjadi yang utama tapi selalu rendah hati.

"Kami mendidik agar generasi penerus duta genre DIY menjadi generasi yang ambeg utomo andhap asor. Mereka kami didik agar menjadi pribadi yang utama dan tetap rendah hati," ujar Fachri pada Sabtu (19/9/2020) di Hotel Grand Dafam Rohan.

Sementara itu, Kepala BKKBN DIY Ukik Kusuma Kurniawan pembangunan ketahanan remaja menjadi isu strategis nasional yang saat ini terus diperhatikan dalam menghadapi Bonus Demografi Indonesia. 

Dominasi populasi dari kalangan usia produktif menjadi harapan besar bagi negara Indonesia untuk meningkatkan tingkat produktivitas menuju negara maju. Berbagai aspek dalam pembangunan ketahanan remaja salah satunya adalah kesehatan reproduksi. 

"Remaja yang memiliki kesehatan reproduksi yang baik akan memberikan generasi yang baik juga dalam melanjutkan pembangunan bangsa," imbuhnya.

DIY sebagai daerah yang sering dijadikan sebagai tolok ukur pembangunan dan pengembangan remaja karena banyaknya remaja dan pelajar dari seluruh penjuru negeri berbondong-bondong untuk datang menuntut ilmu. 

"Hal ini disadari menjadi potensi besar untuk terus mendorong para remaja di DIY untuk mengasah skill yang kemudian bisa mereka terapkan di daerah dan wilayah masing-masing," ungkapnya.   

Saat ini pihaknya sedang menghadapi situasi darurat kesehatan yaitu Covid-19 yang mengkhawatirkan semua orang. Pada situasi ini pula, menjadi refleksi sekaligus momentum bagi remaja khususnya remaja DIY untuk dapat menjadi role model sebagai remaja yang mampu menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) sekaligus dapat memengaruhi banyak orang melalui Pemilihan Duta Genre DIY Tahun 2020.

"Pemilihan Duta Genre Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020 kembali hadir dalam rangka memilih role model baru bagi remaja untuk dapat menyosialisasikan Program Genre bersama Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta serta dapat memberikan pemahaman dan arti penting dalam penerapan 4 Substansi Genre, TRIAD KRR, HIV-Aids, dan wadah bagi remaja bisa melakukan konseling melalui PIK-Remaja," kata dia.