Gerah? 5 Tempat di Jogja Ini Bisa Kamu Kunjungi untuk Mendapat Kesegaran

Kawasan wisata Tlogoputri Kaliurang Sleman sepi wisatawan. - Harian Jogja/ Meigitaria Sanita
20 September 2020 08:27 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Jogja memiliki banyak tempat untuk melepas penat. Bahkan saat cuaca panas seperti saat ini, beberapa tempat menyajikan tempat yang sejuk serta kuliner yang menyegarkan. 

Akun Twitter @PenjahatGunung membagikan lima rekomendasi tempat yang cocok untuk mencari kesegaran di Jogja. Mulai dari tempat wisata hingga tempat makan, kelimanya bakal membuat badan lebih adem di tengah cuaca Jogja yang panas tidak karuan.

Di musim kemarau, biasanya banyak penduduk Jogja yang mengeluhkan cuaca panas. Tidak hanya di siang hari, cuaca panas juga masih terasa bahkan hingga malam hari. Beberapa tempat ini cocok jadi destinasi berkunjung di cuaca panas:

1. Kawasan Kaliurang

Terletak di lereng Gunung Merapi, salah satu daerah di bagian utara DIY ini memang memiliki hawa dingin yang permanen. Baik di musim penghujan atau di musim kemarau, hawa dingin dan semilir angin selalu menyelimuti tempat ini.

Memiliki hawa dingin nan sejuk dan pemandangan alam yang memanjakan mata, ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan manusia, semuanya tersedia. Masyarakat juga bisa merasakan sensasi naik jeep dan basah-basahan.

2. Balai Yasa

Balai Yasa merupakan nama tempat perbaikan kereta api yang terletak di kawasan Kota Jogja. Untuk mendinginkan badan, tidak perlu sampai masuk ke bengkel kereta api ini, melainkan cukup menikmati deretan makanan dan minuman di depannya saja.

Di sepanjang bahu jalan seberang bangunan Balai Yasa berderet jajanan pinggir jalan dengan harga ekonomis yang bisa memanjakan lidah. Di antaranya ada pedagang beragam minuman es, pedagang dawet, serta pedagang siomai dan batagor.

Bukan hanya karena meminum es yang dijual, tempat ini cocok dijadikan tempat mendinginkan badan karena ada banyak pohon beringin yang tumbuh di sana. Pengunjung biasanya duduk di bawah pohon di samping selokan sambil menikmati dawet di siang bolong.

3. Es Tape Pak No

Tidak jauh dari Balai Yasa ke selatan lagi, lebih tepatnya di Jalan Kusumanegara, ada juga salah satu tempat jajan es yang bisa mendinginkan badan. Berada di tepi jalan raya, tetapi menu yang ditawarkan benar-benar bisa mendinginkan badan.

Sama seperti di kawasan Balai Yasa, faktor alam pendukung yang membuat tempat ini cocok untuk mendinginkan badan adalah keberadaan pohon yang rindang. Duduk di bawah pohon, menikmati angin sepoi-sepoi sambil minum es tape terasa pas dinikmati saat Jogja sedang panas-panasnya.

4. Kolong Fly Over Janti

Berbeda dengan kesan kolong jembatan yang kumuh dan banyak sampah, area bahwa jembatan layang kawasan Janti justru banyak dihuni pedagang makanan. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, semuanya tersedia di sini.

Semenjak perlintasan kereta api di sekitarnya ditutup, kawasan ini menjadi lebih jarang dilewati. Namun, masih ada beberapa pedagang kuliner yang bertahan di bawah jembatan layang ini. Salah satu yang cocok untuk mendinginkan badan adalah angkringan di bawah jembatan.

5. Masjid Gedhe Kraton

Terakhir, lokasi yang cocok dijadikan tempat mendinginkan badan adalah bangunan Masjid Gedhe Kraton. Terletak di kawasan Kauman, tempat ibadah ini punya lingkungan yang teduh dan membawa hawa dingin untuk masyarakat yang berkunjung. Bagian serambi masjid sendiri selalu dipenuhi orang-orang yang singgah untuk beribadah dan istirahat sejenak.

Masjid Gedhe Keraton terletak dekat dengan Alun-Alun Utara dan kawasan Jalan Malioboro. Saat berkunjung ke Jogja, tidak ada salahnya untuk datang ke bangunan bersejarah milik Keraton ini. Terutama bagi pemeluk agama Islam, sesekali bisa mencoba sensasi beribadah di masjid ini.

Ketika musim kemarau, cuaca di Jogja acapkali terasa sangat panas hingga menimbulkan gerah yang tak berkesudahan. Namun, Jogja juga memiliki beberapa tempat yang bisa dijadikan penawar cuaca gerah yang mengungkung tubuh. Beberapa di antaranya adalah lima tempat wisata, ibadah, dan makan di atas.

Sumber : suara.com