Rumah di Suryatmajan Terbakar Gara-Gara Ditinggal Pemiliknya Saat Api Tungku Masih Menyala

Ilustrasi. - Freepik
20 September 2020 14:47 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Si jago merah melalap sebuah rumah yang berada di kampung Suryatmajan RT 29/RW 10 Kecamatan Danurejan, Kota Jogja pada Sabtu (19/9/2020). Kebakaran menimpa rumah milik Subiyanur.

Kasi Operasional dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Yogyakarta, Mahargyo menjelaskan jika kebakaran menimpa rumah bagian dapur milik Subiyanur.

"Kebakaran menghanguskan dapur milik salah satu warga yang bernama Subiyanur di wilayah kampung Suryatmajan, Danurejan. Kejadian kebakaran sendiri terjadi pukul 13.30 wib," ujar Mahargyo, pada Minggu (20/9/2020).

Baca juga: Aturan Bersepeda Resmi Diterbitkan Kemenhub, Helm Tidak Wajib

Untungnya, si jago merah yang melalap rumah milik Subiyanur tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Pemilik rumah memang sebelumnya sedang memasak di dapur. Awalnya, pemilik rumah berniat hanya meninggalkan rumah sebentar.

"Namun, ketika pemilik rumah pergi, tungku api masih dalam keadaan menyala. Sekembalinya pemilik rumah ke dapurnya, api sudah merambat ke bagian dapur lainnya," sambung Mahargyo.

Warga yang ada di sekitar rumah Subiyanur bergotong-royong memadamkan api yang sudah menjalar ke bagian dapur. Warga lainnya berupaya untuk menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Jogja.

Baca juga: Mbak Ida yang Pamer Celana Dalam Saat Naik Motor Ternyata Laki-Laki, Ini Penampakannya

"Mendengar laporan dari warga, petugas damkar langsung menuju ke lokasi kejadian kebakaran. Kami langsung melakukan pemadaman api hingga ke titik yang rawan timbulnya api," ungkap Mahargyo.

Petugas membutuhkan waktu sekitar 20 menit mematikan api hingga dinyatakan padam. Satu armada mobil damkar digunakan untuk memadamkan si jago merah yang telah melalap dapur seluas 8 meter persegi milik Subiyanur.

"Proses dari pemadaman hingga pendinginan selesai pada sekitar pukul 14.00 WIB, api sudah berhasil kami padamkan. Memang ada beberapa tungku api yang diduga jadi penyebab kebakaran setelah kami lakukan penyelidikan," tutur Mahargyo.

Mahargyo mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati saat melakukan kegiatan yang berkaitan dengan api, listrik, dan media lain yang mampu menimbulkan terjadinya potensi kebakaran. Pasalnya, di wilayah Danurejan sebelumnya sudah terjadi kebakaran.

Sebelumnya diberitakan, sebuah rumah yang berada di RW 09, Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Jogja dilalap si jago merah pada Rabu (16/9/2020) lalu sekitar pukul 11.00 siang. Garis polisi masih terdapat di sekitar rumah yang menjadi lokasi terjadinya kebakaran.

Kapolsek Danurejan, Kompol Nuning Sukarminingsih mengatakan jika kebakaran sendiri menimpa rumah milik Pujo Raharjo, 74, warga Bantul yang disewakan kepada warga bernama Marina, 40, warga Danurejan, Jogja.

"Benar terjadi kebakaran pada Rabu (16/9/2020) sekitar pukul 11.00 siang, tidak ada korban jiwa, untuk kerugian material sedang dalam penghitungan," ujar Nuning saat dikonfirmasi pada Kamis (17/9/2020).

Berdasarkan keterangan yang dihimpun Harian Jogja pada Kamis (17/9), kebakaran sendiri menghanguskan dapur rumah milik Pujo Raharjo. Sejumlah barang di sekitar dapur ikut terbakar.

Adapun, awal kejadian kebakaran bermula saat penyewa rumah memasak menggunakan anglo. Sembari menunggu matang, ia kemudian beranjak ke ruang tamu.