Update Corona DIY: Positif Covid-19 Tambah 61 Kasus, 25 Pasien Dinyatakan Sembuh

Ilustrasi. - Freepik
25 September 2020 17:27 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY mengumumkan 61 penambahan kasus positif pada Jumat (25/9/2020). Sleman masih mendominasi penambahan sebanyak 31 kasus. Sementara 25 kasus dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, menjelaskan berdasarkan domisilinya, penambahan kasus meliputi Kota Jogja 8 kasus, Bantul 19 kasus, Kulonprogo 2 kasus, Gunungkidul 1 kasus dan Sleman 31 kasus.

BACA JUGA : Update Corona DIY: 63 Positif, Pasien Sembuh Tak Kalah

Penambahan ini berdasarkan pemeriksaan pada 1.285 sampel dari 1.132 orang. "Dilihat dari riwayatnya, penambahan terdiri dari karyawan kesehatan satu kasus, skrining pasien satu kasus, tracing kasus positif 45 kasus, perjalanan luar daerah tiga kasus, periksa mandiri tiga kasus dan masih dalam penelusuran delapan kasus," ujarnya.

Adapun kasus sembuh berdasarkan domisilinya meliputi Kota Jogja 10 kasus, Bantul tiga kasus, Kulonprogo 11 kasus dan Sleman satu kasus. Dengan penambahan ini maka total kasus DIY menjadi 2.458 kasus, dengan 1.667 kasus sembuh.

Klaster Besar

Terkait ASN Dinas Kesehatan yang meninggal karena covid-19 pada Kamis (23/9) lalu, ia mengatakan kasus tersebut merupakan bagian dari klaster besar institusi keuangan yang berlokasi di Kota Jogja. Almarhum tertular dari kakaknya yang merupakan karyawan di institusi keuangan tersebut.

BACA JUGA : Update Covid-19 DIY: 43 Positif, 12 Sembuh

"Kami sedang melakukan tracing salah satu klaster sebuah institusi keuangan. Hasil pelacakan kami mendapat informasi bahwa saudara ASN tersebut merupakan karyawan dari institusi keuangan di Jogja," ungkapnya.

Terkait berapa banyak kasus positif yang ditemukan dalam klaster ini, ia mengatakan saat ini masih dalam proses tracing. "Hanya itu yang dapat kami sampaikan, sambil menunggu Gugus Tugas Kabupaten dan Kota yang melakukan tracing," kata dia.