Densus 88 Geledah Rumah Dosen di Berbah Sleman, Sita Flashdisk & Buku-Buku

Densus 88 Mabes Polri menggeledah sebuah rumah di Perumahan Tirtabuana Blok F, Dusun Cepor, Kalurahan Sendangtirto, Kapanewon Berbah, Sleman pada Kamis (1/10 - 2020) pagi.
01 Oktober 2020 13:47 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Densus 88 Mabes Polri menggeledah sebuah rumah di Perumahan Tirtabuana Blok F, Dusun Cepor, Kalurahan Sendangtirto, Kapanewon Berbah, Sleman, Kamis (1/10/2020) pagi. Mereka menyita sejumlah barang dari rumah yang diduga berkaitan dengan kegiatan terorisme yang dilakukan suami seorang dosen.

Kepala Dusun Cepor, Daroji, 57, menuturkan anggota kepolisian menggeledah rumah milik BY, 32, warga yang tinggal di rumah tersebut selama setahun terakhir. Ia terlebih dahulu ditangkap Densus 88 di depan RS Dharma, Dusun Gandu, Sendangtirto, Berbah, Sleman pada Rabu (30/9/2020) sore.

BACA JUGA: Perkenalkan Partai Baru, Amien Rais: Partai Ummat Bertekad Melawan Kezaliman

"Tadi anggota datang sekitar jam 09.30. Jalanan ditutup selama penggeledahan di rumah itu, kurang lebih selama dua jam," kata Daroji.

Menurut Daroji, rumah tersebut dihuni oleh tiga orang yang terdiri dari BY, seorang istri, serta seorang anak laki-laki berusia tiga tahun. Saat penggeledahan, istri BY yang diketahui bekerja sebagai dosen di sebuah sekolah tinggi swasta di Bantul dipanggil untuk pulang.

"Tadi istri sedang mengajar, dipanggil suruh pulang. Anaknya supaya enggak trauma, saya pindahkan," ungkapnya.

BACA JUGA: Ini Alasan Pelaku Menyandingkan Foto Ma'ruf Amin dengan Bintang Porno

Dalam penggeledahan ini, polisi menyita tiga flashdisk, dua CPU, empat buku bacaan keagamaan, surat tanda nomor kendaraan (STNK), kartu tanda penduduk, serta buku tabungan milik yang bersangkutan. "Tadi ngecek semua barang yang terkait kegiatan teroris," ujarnya.

Menurut Daroji, selama BY dan keluarga tinggal di sini setahun terakhir, yang bersangkutan dikenal jarang berinteraksi. "Jarang keluar," katanya.

Sementara itu, Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto mengatakan Polres Sleman terlibat dalam pengamanan kegiatan penggeledahan rumah terduga teroris di Berbah oleh Densus 88 tersebut. "Kami bantu pengamanan," kata dia.