Ratusan Masker Dibagikan di Pasar Bendungan Kulonprogo

Bupati Kulonprogo, Sutedjo saat menyerahkan masker kepada salah satu pedagang di Pasar Bendungan, Kalurahan Bendungan, Kapanewon Wates, Kamis (8/10/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
08 Oktober 2020 12:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Ratusan masker dibagikan kepada para pedagang dan pembeli di Pasar Bendungan, Kalurahan Bendungan, Kapanewon Wates, Kulonprogo, Kamis (8/10/2020). Pembagian masker gratis ini merupakan bagian dari kampanye gerakan menggunakan masker yang diinisiasi oleh Pemda DIY.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian pembagian masker di seluruh wilayah DIY yang bertujuan untuk kampanye penggunaan masker," ucap Sekretaris Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Yuwono Hadiwijoyo, di sela-sela pembagian masker, Kamis pagi.

Yuwono mengatakan selama dua bulan sejak Oktober sampai dengan November 2020, pihaknya bersama pemkab dan pemkot di masing-masing kabupaten dan kota di DIY membagikan 1 juta masker kepada masyarakat. Langkah ini diharapkan bisa kian membiasakan masyarakat untuk mengenakan masker sebagai salah satu alat pelindung diri (APD) mengantisipasi penularan Covid-19.

"Alhamdulillah untuk wilayah DIY ini kesadaran masyarakat menggunakan masker sudah cukup tinggi, namun demikian sosialisasi penggunaan masker melalui program-program semacam ini akan terus kami lakukan," ucapnya.

BACA JUGA: Luna Maya Akui Sempat Mau Akhiri Hidup Gara-Gara Kasus Video Porno

Sementara itu, Bupati Kulonprogo, Sutedjo, yang ikut dalam aksi bagi-bagi masker di Pasar Bendungan mengaku tidak mendapati adanya pedagang maupun pembeli yang tidak mengenakan masker. Ia mengapresiasi kesadaran masyarakat di pasar tersebut.

"Saya tidak jumpa satu orang pun yang tidak pake masker, alhamdulillah. Namun demikian kami punya kewajiban mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap pake masker, sehingga hari ini kami tetap membagikan masker mengingat penggunaan masker itu terbatas sekali, alias sekali pakai kecuali masker kain yang bisa digunakan berulang kali, dan itu pun tetap ada batas maksimalnya," ucapnya.

Sutedjo mengatakan total masker yang diberikan BPBD DIY di Kulonprogo sebanyak 130.000 buah. Masker itu akan disalurkan di 12 pasar tradisional yang tersebar di seluruh kapanewon di Kulonprogo.

"Kalau nanti masker dari BPBD DIY habis, kami tetap upayakan untuk terus melakukan kegiatan ini sepanjang pandemi Covid-19 belum berakhir, karena pemakaian masker merupakan salah satu upaya krusial dalam mengantisipasi penularan Covid-19," ujarnya.