Pusat Berencana Memulai Vaksinasi Corona Bulan Depan, Bagaimana dengan DIY?

Ilustrasi. - Freepik
14 Oktober 2020 19:27 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah Pusat merencanakan memulai pendistribusian vaskin Corona pada November mendatang, dengan beberapa kelompok menjadi prioritas vaksinasi, salah satunya tenaga Kesehatan. Meski demikian, sampai saat ini Pemda DIY belum mendapapat arahan pendistribusian vaksin tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setyaning Astuti, mengungkapkan untuk vaksinasi covid-19, pihaknya akan melaksanakan sesuai arahan Pemerintah Pusat. “Kita akan sesuai arahan Pemerintah Pusat. Kami belum mendapat surat resmi adanya distribusi vaksin tersebut,” ujarnya.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, saat disinggung soal kebutuhan vaksin, menurutnya seluruh warga DIY membutuhkan, sehingga jumlahnya bisa mencapai 3,8 juta. “Semua penduduk butuh karena sejak kecil tidak ada yang mendapat vaksin covid-19,” kata dia.

Namun jika melihat ketersediaan, tetap harus ada prioritas untuk kelompok tertentu. Untuk itu, dibutuhkan kajian dari Dinas Kesehatan DIY bersama organisasi profesi tenaga Kesehatan untuk menentukan siapa saja yang menjadi prioritas.