Perbaikan Rampung, Selokan Mataram Kembali Berfungsi Pekan Depan

Petani membersihkan sampah di Selokan Mataram, Jumat (21/2/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
19 Oktober 2020 20:37 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Perbaikan amblesan cross drain di Dusun Mayangan, Kalurahan Trihanggo, Kapanewon Gamping pada Rabu (14/10/2020) lalu yang mengakibatkan dimatikannya aliran air Selokan Mataram akhirnya selesai. Selokan ini akan kembali difungsikan pekan depan.

Kepala Bidang Pelaksana Jaringan Pemanfaatan Air Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Suyanto mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkab Sleman terkait hal ini. Hasilnya, mereka sepakat pembukaan kembali aliran Selokan Mataram dimulai Senin (26/10/2020) mendatang.

"Perbaikan kerusakan Selokan Mataram di ruas Mayangan itu secara teknis sudah selesai. Namun, secara fungsi kita ingin menjamin kualitas dan fungsi konstruksi itu, sehingga butuh tujuh hari dari selesainya perbaikan," kata Suyanto dalam jumpa pers di Kantor Setda Sleman, Senin (19/10/2020).

BACA JUGA: Motor Berknalpot Blombongan Masuk Kaliurang Dirazia Polisi

Ia mengapresiasi kerja keras dan koordinasi yang baik dengan Pemkab Sleman sehingga perbaikan tidak memakan waktu lama. Sejak amblesan terjadi pada Rabu lalu, BBWSSO langsung melakukan penanganan dan perbaikan selama empat hari.

Saat ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemkab Sleman supaya tidak terjadi hal serupa. "Saya harap semua siap untuk memantau titik-titik mana [di Selokan Mataram], jangan sampai ada kejadian [amblesan] lebih dulu," ujarnya.