Advertisement

Vaksin Siap Disuntikkan, Warga Tetap Harus Patuh Protokol Kesehatan

Lajeng Padmaratri
Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
Vaksin Siap Disuntikkan, Warga Tetap Harus Patuh Protokol Kesehatan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Vaksin Covid-19 mulai Desember mendatang rencananya akan disuntikkan untuk melindungi masyarakat dari infeksi virus SARS-CoV-2. Kendati demikian, masyarakat tetap diminta patuh protokol kesehatan walaupun telah menerima vaksin Covid-19.

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada, Prof. Tri Wibawa meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan seperti saat ini meskipun nanti telah menerima vaksin Covid-19. "Saat ini kita masih tunggu hasil penelitian vaksinnya. Meski sudah divaksin, masyarakat harus tetap memproteksi diri dengan berperilaku sesuai dengan protokol kesehatan," kata Tri pada Selasa (20/10/2020).

Advertisement

Menurutnya, kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan merupakan solusi dari pandemi ini. Sehingga masyarakat jangan hanya bertumpu pada vaksinasi semata.

"Vaksinasi perlu dibarengi dengan kedisiplinan masyarakat menjalani protokol kesehatan. Kalau masyarakat tidak disiplin pada protokol kesehatan, bisa memperpanjang masa pandemi," kata dia.

Tri menerangkan suatu vaksin dapat diaplikasikan ke masyarakat jika keseluruhan proses uji klinis telah dijalankan. Untuk bisa digunakan, maka harus memenuhi syarat, salah satunya teruji keamanannya serta tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

Pemberian vaksin Covid-19 ini nantinya diprioritaskan kepada kelompok yang paling rentan terhadap infeksi. Ia berharap vaksin ini dapat efektif memberikan proteksi terhadap penularan Covid-19 dan kualitasnya terjaga dalam lini produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement