Advertisement

Gelar Operasi Zebra 2020, Polres Kulonprogo Sasar Objek Wisata

Sunartono
Senin, 26 Oktober 2020 - 11:37 WIB
Nina Atmasari
Gelar Operasi Zebra 2020, Polres Kulonprogo Sasar Objek Wisata Wakapolres Kulonprogo, Kompol Sudarmawan (kanan) saat memberikan sosialisasi tentang protokol kesehatan dalam Operasi Zebra Progo 2020 di simpang lima Karangnongko, Kapanewon Wates, Senin (26/10/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Kepolisian Resor Kulonprogo menggelar Operasi Zebra Progo 2020 selama dua pekan terhitung sejak 26 Oktober sampai dengan 8 November mendatang.

Dalam operasi ini, petugas tidak hanya menyasar pelanggar lalu lintas tapi juga menegakkan protokol kesehatan di sejumlah obyek wisata di Kulonprogo yang diprediksi bakal ramai dikunjungi wisatawan selama libur panjang pekan ini.

Advertisement

Baca juga: Jelang Libur Panjang, Hotel di Jogja Mulai Ramai Tamu

Wakil Kepala Polres Kulonprogo, Kompol Sudarmawan menerangkan operasi zebra ini mengusung tema meningkatkan kesadaran berlalulintas yang baik melalui penegakan hukum yang modern dan berbasis IT. Setidaknya ada empat target dalam operasi ini, pertama adalah terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban berlalu lintas, termasuk dalam hal ini di objek vital dan objek wisata.

Kedua menurunkan fatalitas jumlah laka lantas. Ketiga memutus penyebaran Covid-19. Dan terakhir menjamin kelancaran distribusi logistik maupun BBM.

"Operasi ini kita kedepankan non Yustisi, artinya tidak ada target tilang. Jadi kita kedepankan pendekatan yang humanis dan persuasif apabila ada pelanggar lalu lintas maupun protokol kesehatan," kata Sudarmawan dalam pembukaan Operasi Zebra Progo 2020 di simpang lima Karangnongko, Kapanewon Wates, Senin (26/10/2020).

Untuk melancarkan kegiatan ini, kepolisian telah mendirikan pos pengamanan di simpang lima Karangnongko dan pos pelayanan di tempat wisata yang dipandang ramai selama libur panjang, yaitu Pule Payung dan Kalibiru, Kapanewon Kokap.

Baca juga: Warga Kota Jogja Terus Diedukasi untuk Lakukan Pencegahan Covid-19

Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Didik Purwanto menjelaskan total personil yang diterjunkan dalam kegiatan ini sebanyak 134 personil yang dibagi ke sejumlah kelompok, meliputi satuan tugas preentif, preventif, represif dan Gakkum.

Lebih lanjut Didik menerangkan, terdapat delapan prioritas pelanggaran lalu lintas yang disasar satgas dalam kegiatan ini, di antaranya pelanggar marka jalan, pelanggar rambu lalu lintas, lawan arah, tidak menggunakan helm ber SNI, pengendara di bawah umur serta pengendara di bawah pengaruh alkohol.

"Kami juga ada tambahan yaitu kenalpot blombongan, mengingat dalam rangka pilkada kita akan tindak mereka demi menciptakan kondusifitas kamtibmas jelang Pilkada," jelas Didik.

Di samping itu, petugas juga akan mensosialisasikan penggunaan masker sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Pengguna jalan yang terjaring operasi dan kedapatan tidak mengenakan masker akan diimbau untuk menggunakan masker sesuai aturan.

"Kita juga sediakan 1.000 masker untuk dibagikan selama 14 hari pelaksanaan operasi di wilayah Kulonprogo. Dan nanti selama libur panjang pekan ini kita akan patroli di tempat-tempat wisata untuk menegakkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement