Operasi Zebra Juga Ajak Masyarakat Patuh Protokol Kesehatan

Kasatlantas Polres Bantul AKP Amin Ruwito. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
01 November 2020 15:07 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Operasi Zebra yang biasanya menekankan pada penegakan hukum berlalu lintas kali ini juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Operasi Zebra tahun ini menititik beratkan imbauan-imbauan kepada masyarakat terkait pencegahan dari Covid-19. Untuk pelanggaran tidak ada penindakan, yang penting teguran teguran saja. Sifatnya peneguran,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bantul, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Amin Ruwito, Jumat (30/10/2020) lalu.

Operasi Zebra berlangsung selama 14 hari yang dimulai sejak 26 Oktober hingga 8 November mendatang. Meski tidak ada penindakan, Amin meminta masyarakat untuk tetap mengedepankan keselamatan berlalu lintas saat berkendara.

Pria kelahiran Wonosobo, Jawa Tengah, ini juga meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan minimal dengan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Ajakan tersebut dilakukan secara langsung kepada pengendara kendaraan dan juga melalui stiker yang dibagikan kepada pengendara.

Menurut Amin, angka positif Covid-19 di Bantul masih naik turun dan pandemi ini ini belum bisa diprediksi kapan berakhirnya. Terlebih saat ini Bantul menjadi salah satu lokasi tujuan wisatawan dari berbagai daerah. “Yang harus dilakukan saat ini adalah tetap patuh protokol kesehatan khususnya menggunakan masker di tempat-tempat umum, selalu menjaga jarak, dan sering-seringlah mencuci tangan, karena itulah salah satu kunci pencegahan Covid-19,” ujar Amin.