Wisatawan di Gua Cemara Dapat Masker Gratis

Agenda pembagian masker di Pantai Gua Cemara, Senin (9/11/2020).-Harian Jogja - Jumali
09 November 2020 20:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Upaya pencegahan penularan Covid-19 di Pantai Gua Cemara, Bantul terus dilakukan. Salah satunya yang dilakukan oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V, bersama dengan Satpol PP, Polisi dan Pokdarwis serta Sarlinmas Wilayah III dan VI Bantul, Senin (9/11/2020).

Mereka bersama dengan sejumlah pelajar SMKN 1 Sanden menggelar sosialisasi protokol kesehatan (prokes) kepada para pengunjung dan pedagang di kawasan objek wisata tersebut.

Perwira Potensi Maritim Lanal Yogyakarta, Mayor Laut K Herlin Hestyo Wati, mengatakan kegiatan itu digelar serentak di tiga posal yang ada di wilayahnya. Tak hanya Posal Pantai Gua Cemara, ada Pantai Congot, Pantai Samas dan juga Posal Pantai Sadeng yang membagikan sebanyak 1.500 masker kepada pengunjung dan pedagang.

Menurut dia, kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari Alumni FGK Universitas Air Langga. Target dari pembagian masker adalah sebanyak 1 juta masker. Selain membagikan masker, pihaknya juga akan menggelar rapid test secara acak kepada pengunjung. “Untuk pelaksnaan digelar November mendatang. Lokasi nanti menyusul,” ucapnya, Senin.

Komandan Posal Pantai Samas, Serma MES Surawal, mengatakan penerapan protokol kesehatan menjadi hal yang wajib mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum bisa diketahui kapan akan berakhir.

Ketua Pokdarwis Pantai Gua Cemara Suranto menilai meski saat ini kesadaran pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan semakin membaik. Namun, hal itu harus terus ditingkatkan. Oleh karena itu, sosialisasi kepada pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan terus dilakukan.