KPU Kota Jogja Jadi Pilot Project Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Pekerja meneliti kerusakan kemudian melipat surat suara pada proses pelipatan surat suara untuk DPR RI oleh KPU Kota Yogyakarta di Gudang KPU Jogja, Jalan Lingkar Ahmad Yani, Banguntapan, Bantul, Rabu (13/03/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto
10 November 2020 06:27 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - KPU Kota Jogja menerima penghargaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia atas prestasinya sebagai Satker dengan pelaksanaan kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) terbaik ketiga secara Nasional.

Anggota KPU Kota Jogja, Siti Nurhayati menjelaskan KPU Kota Jogja dinilai memiliki keunggulan dalam mensiasati keterbatasan untuk melaksanakan amanah Undang-undang. Sebagaimana yang diketahui, PDPB yang diamanahkan dalam UU No. 7/2017 tentang Pemilu dilaksanakan mulai tahun ini sesuai Surat KPU No. 181 tahun 2020 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

"Namun demikian hal ini dapat dilaksanakan dengan maksimal karena adanya inovasi dan kreativitas KPU Kota Jogja serta dukungan eksternal baik dari Pemerintah Kota Jogja maupun stakeholder terkait lainnya," ujar Siti, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Bertahun-tahun Sulit Dapat Listrik, Petani di Pesisir Kulonprogo Kini Andalkan Panel Surya

Diterangkan Siti, kerja sama dengan berbagai pihak dapat mendekatkan layanan Data Pemilih dan layanan kepemiluan lainnya kepada masyarakat Kota Jogja melalui aplikasi Jogja Smart Service. "Layanan Data Pemilih ini dimaksudkan untuk memastikan warga Kota Jogja terdaftar sebagai pemilih untuk Pemilu atau pemilihan berikutnya," terangnya.

Melalui aplikasi JSS beragam informasi tentang data kepemilihan ditampilkan. Siti menjelaskan dalam menu layanan Data Pemilih masyarakat dapat memeriksa status pemilihnya melalui sub-menu Lindungi Hak Pilihmu.

Baca juga: Pemerintah Berkomitmen Hadirkan Akses Pendidikan Setara

"Bila belum tercantum dalam data pemilih maka masyarakat Kota Jogja dapat memberikan masukan data melalui sub-menu masukan masyarakat. Pada sub-menu Pemutakhiran Data, masyarakat dapat melihat hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dalam bentuk dokumen Berita Acara dan infografis yang ada," jelasnya.

Prestasi dalam memutakhirkan data berkelanjutan membuat KPU Kota Jogja didapuk sebagai salah satu pilot project Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. "Diraihnya prestasi tersebut KPU Kota Jogja mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Wali Kota Jogja dan seluruh jajaran Pemkot Jogja," pungkasnya.