BSN Gelar Pameran Produk Ber-SNI di Jogja

Petugas BSN menunjukkan poster pameran Indonesia Quality Expo (IQE). - Ist/BSN
10 November 2020 20:47 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Badan Standardisasi Nasional (BSN) akan menggelar Indonesia Quality Expo (IQE) ke-8 pada Kamis (12/11/2020) hingga Sabtu (15/11/2020) di Jogja City Mall (JCM). Perhelatan itu akan diikuti oleh 12 instansi baik pemerintah maupun swasta.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN Zul Amri mengatakan penyelenggaraan IQE 2020 di Yogyakarta merupakan sebuah gagasan untuk mempertemukan pemangku kepentingan guna bertukar informasi dan bertransaksi baik secara offline maupun online.

"IQE di DIY juga merupakan bentuk apresiasi kami kepada Pemda DIY atas komitmennya dalam mengembangkan dan menerapkan SNI," kata dia Selasa (10/11/2020).

BACA JUGA : Sistem Perpipaan Perlu SNI untuk Menjamin Kualitas Air

Ia menambahkan penyelenggaraan IQE tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. IQE tahun ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan, memadukan promosi offline dan memperbanyak promosi online. Dengan dukungan dari pemerintah DIY dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, IQE akan memamerkan produk unggulan.

“Mulai dari makanan dan minuman, produk perikanan olahan, mainan anak, emas atau logam mulia dan banyak produk lainnya yang sudah mengantongi SNI, baik SNI produk atau SNI sistem manajemen,” katanya.

Menurutnya pada tahun itu, BSN memberikan anugerah Tokoh Standardisasi untuk kategori Pemda Tingkat I kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sebagai kota industri, kota pelajar, dan kota wisata DIY layak menjadi percontohan bagi pemerintah daerah lainnya dalam mengembangkan standardisasi dan penilaian kesesuaian.

"Potensi DIY cukup besar, sehingga kami ingin meningkatkan kolaborasi/kerja sama dengan BSN untuk mempromosikan produk unggulan ber-SNI," katanya.

BACA JUGA : Segera, Masker Kain untuk Covid-19 Bisa Ber-SNI 

Kepala Bagian Humas BSN Denny Wahyudhi mengatakan dalam IQE tahun ini BSN juga mendorong para pelaku usaha mikro kecil (UMK) binaan BUMN maupun BSN untuk ikut serta menampilkan produknya di area pameran. Selain itu, pada IQE tahun ini bakal disinergikan dengan pameran Terpadu FERACO yang merupakan gabungan dari Pesona Wisata Nusantara Expo 2020, Pameran Pangan Nusantara 2020, Gebyar UMKM, Koperasi dan PKBL Expo 2020, serta Invesda Forum & Expo 2020.

"Kami dorong untuk menampilkan produk mereka karena ini momentum bagus di era adaptasi kebiasaan baru," kata Denny.

Pada IQE 2020 juga bakal dipamerkan sepeda listrik merk Volta produksi PT. Volta Indonesia Semesta, dan informasi tentang wisata dari PT. Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Candi Boko (TWC), serta layanan bandara dari PT Angkasa Pura 1.

Sumber : Antara