Hari Pahlawan, IKA Unair Bagikan Masker

Pembagian masker yang dilakukan IKA Unair Wilayah DIY di Pasar Niten, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Selasa (10/11/2020) - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
10 November 2020 13:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Sejumlah orang dari Ikatan Alumi Universitas Airlangga (Unair) bersama TNI-Polri menggelar bakti sosial dengan membagikan 1.600 masker kepada pedagang dan pembeli di Pasar Niten, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Selasa (10/11/2020). Kegiatan ini merupakan bagian dari memperingati Hari Pahlawan sekaligus Dies Natalis IKA Unair yang ke-48 dan Dies Natalis Universitas Airlangga ke-66.

Koordinator IKA Unair Wilayah DIY, Maria Theresia Ninis mengatakan aksi pembagian 1.600 masker di Pasar Niten merupakan bagian dari aksi pembagian 1 juta masker yang digelar serentak di berbagai wilayah oleh alumni Universitas Airlangga. "Khusus wilayah DIY yang dibagikan 1.600 masker," kata Ninis, disela-sela pembagian masker.

Ninis mengatakan pembagian masker di pasar karena pasar salah satu tempat yang rawan penularan Coronavirus Disease (Covid-19). Bahkan dia masih menemukan 1-2 pembeli yang tidak mengenakan masker padahal pandemi Covid-19 masih terjadi sampai saat ini khususnya di Bantul.

Baca juga: Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sleman Meningkat, Bupati Apresiasi Nakes

Pihaknya ingin masyarakat ikut mengendalikan Covid-19 dengan cara melakukan protokol kesehatan, "Salah satu untuk menahan laju penularan Covid-19 adalah dengan selalu memakai masker," kata dia. Selain memakai masker juga diupayakan menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin.

Selain mengajak pedagang dan pembeli pasar untuk menjalankan protokol kesehatan, rombongan IKA Unair juga memgajak masyarakat untuk menghentikan cipta pada pukul 10.00 WIB sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan tepat di Hari Pahlawan ini.

"Dengan menjalankan protokol kesehatan maka kita sudah menjadi pahlawan karena melindungi diri sendiri dan orang lain," ucap Ninis. Dengan demikian dia berharap pandemi Covid-19 segera berakhir.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (Apsi) Pasar Niten, Mulyadi mengapresiasi aksi pembagian masker dari Ika Unair dan berharap aksi serupa dilakukan oleh kemunitas lainnya di Pasar Niten. Menurut dia, meski pedagang sudah mengenakan masker namun masih butuh untuk ganti agat kondisi masker tetap bersih ketika digunakan.

Dia mengklaim semua pedagang Pasar Niten sudah menjalankan protokol kesehatan bahkan setiap saat ada petugas yang mengontrol untuk mengecek pengenaan masker bagi pedagang. Bahkan pengunjung pasar yang tidak mengenakan masker tidak diperkebankan untuk masuk.

Baca juga: KPU Kota Jogja Jadi Pilot Project Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

"Kalau masih ada yang tidak pakai masker mungkin lagi makan. Kan tidak mungkin pakai masker seharian dari pagi sampai siang. Yang pasti kalau ada pembeli, pedagang mengenakan masker," ujar Mulyadi.

Sekedar diketahui angka positif Coivid-19 di Bantul sampai 9 November 2020 sudah mencapai angka 1.260 orang. Dari jumlah tersebut sembuh 923 orang, dan 28 orang meninggal dunia. Sementara 309 masih dalam isolasi dan perawatan di rumah sakit dan tempat karantina. Gugus Tugas Percepatan Penanganam Covid-19 Bantul meminta masyarakat tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan.