Advertisement

Sudah 8 Bulan Hadapi Pandemi Covid-19, Warga Kotabaru Tak Lengah Tegakkan Prokes

Catur Dwi Janati
Kamis, 12 November 2020 - 10:37 WIB
Nina Atmasari
Sudah 8 Bulan Hadapi Pandemi Covid-19, Warga Kotabaru Tak Lengah Tegakkan Prokes Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Meski telah berbulan-bulan menghadapi pandemi Covid-19, semangat perangkat desa dan kesadaran para warga di Kotabaru Kota Jogja untuk menjalankan protokol kesehatan tetap tinggi.

Lurah Kotabaru, Supardi menjelaskan penyemprotan disinfektan hingga kini masih dilakukan. Supardi bersama Kampung Tangguh Bencana (KTB) dan Linmas melakukan disinfeksi di area Jln. Wahidin dan Jln. Jenderal Sudirman yang banyak dihuni Pedagang Kaki Lima (PKL).

Advertisement

"Rutin dilakukan setiap selasa wage, di Jln Wahidin, Jln. Jenderal Sudirman, dan depan Bathesda. Untuk hari Jumat penyemprotan di semua masjid," terang Supardi pada Rabu (11/11/2020).

Baca juga: 11 Guru Positif Covid-19, SMA di Sukoharjo Ditutup

Kerja bakti dan penyemprotan disinfektan ini merupakan upaya yang dilakukan Kelurahan Kotabaru agar tetap menjaga kondisi lingkungan tetap bersih serta aman dari Covid-19. Khususnya area PKL yang menjadi tempat berkumpulnya orang makan dari berbagai wilayah. "Alhamdulillah hampir semua pelaku usaha sudah melaksanakan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19," ungkap Supardi.

Dari segi kelengkapan protokol Supardi mengamati jika mayoritas pengusaha telah menyiapkan fasilitas penunjang seperti penanda jaga jarak maupun fasilitas cuci tangan. Hal ini membuat saat dilakukan kerja bakti dan penyemprotan disinfektan yang sekaligus pemantauan wilayah hampir tidak ditemukan pelanggaran protokol kesehatan.

"Hampir tidak ada temuan, tempat duduk sudah diatur jaga jarak, ada tempat cuci tangan, penjual pembeli pakai masker. Karena hampir tiap hari kami selalu terjun ke lapangan untuk memantau dan mengimbau agar jangan sampai kendor [penerapan prokes]. Tiap malam Linmas dan Babinsa juga selalu keliling wilayah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement