Bansos Tunai Tahap 8 & 9 Cair Bulan Ini

Ilustrasi uang. - Bisnis/ Paulus Tandi Bone
12 November 2020 17:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Bantul, memastikan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) bagi sebanyak 15.140 kepala keluarga untuk tahap 8 dan 9 di wilayahnya dilakukan di bulan November.

“Penyalurannya dua kali di bulan ini. Masing-masing senilai Rp300.000. Untuk tahap 8, sudah dicairkan mulai 10 November hingga 17 November. Sedangkan untuk tahap 9, direncanakan akhir November, selambat-lambatnya awal Desember,” kata Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial, Dinsos P3A Bantul, Anwar Nur Fahrudin, Kamis (12/11/2020).

Menurut Anwar, untuk penyalurannya sendiri, Kemensos telah bekerja sama dengan beberapa bank, seperti BNI, BRI, BTN, dan Mandiri. Selain itu BST juga disalurkan melalui kantor pos

Khusus untuk penyaluran melalui kantor pos, dia memastikan telah ada koordinasi dan antisipasi untuk menghindari terjadinya kerumunan. Di mana, penyaluran akan dilakukan melalui kantor pos di kecamatan.

“Atau di kantor kecamatan maupun desa yang telah disepakati,” lanjutnya.

Anwar menambahkan, selain bantuan BST, saat ini sejumlah bansos dari sumber lain dipastikan tidak ada. Sebab, bansos lain seperti bansos sapu jagat kepada 5.000 an KPM di 75 desa dan bansos bersumber dari APBD Pemda DIY telah selesai pembagiannya.

Sedangkan untuk kemungkinan adanya revisi data keluarga penerima manfaat dari BST yang diajukan di 2021, Anwar menyatakan hal tersebut belum dilakukan. Sebab, saat ini, belum ada petunjuk pelaksana maupun teknis terkait dengan permintaan update data penerima BST dari Kemensos.

“Untuk itu kami masih menunggu. Sementara kami masih berpegang teguh kepada data lama untuk keluarga untuk penerima BST,” ucapnya.

Sementara Sekda Bantul Helmi Jamharis berharap agar penerima BST bisa membelanjakan uang tersebut ke warung terdekat.  “Harapannya, bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat,” katanya.