KPI Minta Masyarakat Siap dengan Penyiaran Digital pada 2022

Kegiatan Sosialisasi dan Publikasi Menjaga Indonesia dan Perbatasan Melalui Penyiaran Televisi Digital, Jumat (13/11/2020). - Ist/Dok KPI
14 November 2020 07:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- KPI pusat bekerjasama dengan BAKTI Kominfo melakukan publikasi dan sosialisasi di Jogja. Sosialisasi tersebut mengenai sistem penyiaran digital yang akan berlangsung secara nasional serentak pada tahun 2022.

Transformasi teknologi siaran dari analog ke digital pada tahun 2022, akan memberikan banyak benefit untuk masyarakat, khususnya di wilayah perbatasan.

Benefit dari digitalisasi atau migrasi televisi digital akan berpengaruh pada kecepatan akses internet, yaitu akan lebih mudah dan cepat.

Baca jua: Kartu Tol Bikin Antre, Indonesia Bakal Punya Teknologi Pembayaran Tanpa Sentuh

Feriandi Mirza dari BAKTI Kominfo menjelaskan televisi digital dengan televisi analog pada dasarnya hampir sama, namun berbeda pada media penyiarannya.

Pada televisi analog, kalau dahulu satu frekuensi hanya bisa digunakan untuk satu kanal stasiun televisi, pada televisi digital satu frekuensi bisa digunakan untuk beberapa televisi, maksimal untuk 12 kanal.

"Sehingga saat era digital akan berpeluang tumbuh televisi-televisi baru," katanya dalam rilis, Jumat (13/11/2020).

Irsal Ambia dari KPI Pusat menambahkan UUD tentang penyiaran di tahun 2002 memiliki prinsip diversity of content. Dengan adanya digitalisasi maka akan memungkinkan terlaksananya diversity of content itu sendiri.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Munculkan Masalah Limbah Medis, Ini Tindakan Kemenkes

Masyarakat memiliki banyak pilihan apa yg mereka ingin tonton. "Semakin terbukanya peluang bagi industri penyiaran, tingkat lokal akan memungkinkan tumbuhnya penyiaran baru, menghadirkan stasiun televisi, yang nantinya akan memperkaya konten lokal di televisi itu sendiri," katanya.

Pihaknya berharap agar masyarakat siap dalam peralihan sistem digital pada tahun 2022 nanti. KPI meminta seluruh masyarakat untuk siap dan secara bertahap mulai membiasakan diri dengan sistem siaran digital, yang memiliki manfaat dan lebih menguntungkan masyarakat.