FK UGM Peduli Tenaga Medis dan Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Berbagai pihak yang terlibat dalam Meridian 2020. - Ist
14 November 2020 10:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sejak Februari 2020, pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia dan berdampak besar terhadap kehidupan masyarakat maupun tenaga medis yang bekerja di garda terdepan pelayanan kesehatan. Kondisi pandemi ini juga mempengaruhi perubahan kebiasaan dan norma baru kehidupan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Terlebih bagi tenaga medis, yang memerlukan berbagai alat perlindungan diri, maupun obat-obatan, serta bantuan dana kepada masyarakat yang terdampak ekonomi akibat kondisi pandemi.

MERIDIAN, merupakan program charity tahunan yang diselenggarakan FK-KMK UGM dan  kagamadok, sardjito dan RSA UGM. mulai tahun ini menyelenggarakan bersama dengan Keluarga Alumni Gadjah Mada Kedokteran/ KAGAMADOK, RSUP Dr. Sardjito dan RS Akademik UGM. Setelah sukses dalam penyelenggaraan MERIDIAN 2019 dimana berhasil terkumpul donasi filantrofi yang digunakan untuk pembangunan One Stop Learning Kaum Difabel di Kebumen bersama Ascendia Tranta, Perpustakaan Griya Lare Utami, bantuan peralatan kuliner usaha kaum difabel, bantuan usaha komputer salah satu pasien difabel dan pelatihan bahasa isyarat untuk petugas kecamatan di Lendah Kulon Progo, MERIDIAN 2020 kali ini sangat spesial karena penyelenggaraannya menggunakan konsep virtual dalam program seminar maupun penggalangan dananya.

Dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, hasil dari seluruh penjualan tiket dalam MERIDIAN 2020 ini akan didonasikan untuk nakes garda depan dan masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Kalimantan, Papua, dan Lombok.

Secara umum, konser amal ini bertujuan untuk: pertama, memberikan bantuan kepada masyarakat dan tenaga medis garda depan pandemi COVID-19 di Kalimantan, Lombok, dan Papua lewat Alumni FK-KMK UGM di daerah-daerah tersebut. Kedua, mengetahui dan memetakan kebutuhan di wilayah yang disasar terkait kebutuhan dana, APD dan logistik. Ketiga, meningkatkan keilmuan dalam bentuk seminar dengan topik: 1) Penanganan Penyakit Autoimun Terintegrasi dan 2) Penyakit Menular Seksual dan Kesehatan Mental. Topik ini diangkat karena jarang dibahas sedangkan insidensi penyakitnya makin meningkat dari tahun ke tahun.

Rangkaian acara MERIDIAN 2020 diawali dengan Seminar Series tanggal 7 dan 8 November 2020 pukul 10.00-12.00 secara virtual dengan narasumber dokter, perawat dan ahli gizi. Narasumber antara lain dr. Sumadiono, Sp.A(K); Dr. dr. Sunardi Radiono, Sp.KK(K); Dr. dr. Satiti Retno Pudjiati, Sp.KK(K); dr. Santi Yuliani, M.Sc., Sp.KJ; Lely Lusmilasari, S.Kp., M.Kes., Ph.D; Aviria Ermamilia., S.Gz., M.Gizi, RD; Tulus Setiono, S.Kep., Ns., MPH dengan Moderator: Dr. dr. Addin Trirahmanto, Sp.OG(K); dr. Deshinta Putri Mulya, M.Sc., Sp.PD-KAI, FINASIM; Dr. dr. Carla Raymondalexas Marchira, Sp.KJ(K); dr. Ronny Tri Wirasto, Sp.KJ

Sedangkan untuk konser amal virtual dan talk showakan digelar pada Minggu, 15 November 2020 pukul 18.30-21.30 dan disiarkan secara langsung dari Auditorium dan Auditorium Gedung Paska Sarjana Tahir FK-KMK UGM, dan dimeriahkan oleh para alumni serta Civitas Akademika dan Hospitalia RSUP Dr. Sardjito dan RSA UGM.

Konser amal ini juga dilengkapi dengan talkshow tentang filantrofi kesehatan dan sharing tenaga medis garda depan serta penampilan dari berbagai Angkatan alumni dan civitas FK-KMK UGM menjadi konsep utama dalam konser amal ini.

Adapun pengisi acaranya adalahProf. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D; Prof. dr. Sofia Mubarika Haryana, M.Med.Sc., Ph.D; Dr. dr. Darwito, SH, Sp.B(K)Onk; Prof. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed., Ph.D; dr. Rayhan Maditra; Summer Jazz Band; The Dean; The Axon; Impressio serta Band 80 allstars dan RSA serta penampil lainnya. Sedangkan narasumber talkshow adalah alumni yang kiprahnya di dunia kesehatan di Indonesia sudah tidak diragukan lagi seperti dr. Reza Mahardika; dr. Muhammad Fajri Addai’i; Mayjen TNI dr. Tugas Ratmono, Sp.S(K); Setyawan, S.Kep., Ns., dr. Agung Widianto, Sp.B-KBD; dr. Eta Auria Latiefa, dr. Arief Budiyanto, Sp.KK(K)., Ph.D; dr. Danar Wicaksono; dr. Estelita Liana; dan lain-lain.

Secara umum, kegiatan ini diharapkan mampumemperkaya pengetahuan kepada peserta seminar tentang pentingnya penanganan terintegrasi multidisiplin interprofesi, sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan sumbangsih alumni FK KMK UGM berbagi kebaikan dan kemanfaatan untuk negeri.