Angin Kencang di Bantul, Dua Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Foto ilustrasi. - Istimewa/BPBD Sleman
20 November 2020 12:07 WIB Jumali Bantul Share :


Harianjogja.com, BANTUL - Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di Bantul, Kamis (19/11/2020) sore telah menyebabkan sejumlah pohon di Bumi Projotamansari tumbang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mencatat ada enam titik kejadian pohon tumbang yang disebabkan oleh hujan lebat disertai angin kencang.

Baca juga: Waspada Erupsi Gunung Merapi, PLN Gelar Apel Siaga Bencana

Manajer Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Bantul Aka Luk Luk mengatakan akibat hujan disertai angin pada Kamis (19/11/2020) sekira pukul 16.00 WIB telah menyebabkan sejumlah pohon di enam titik berbeda tumbang.

Keenam titik tersebut di antaranya, Wilayah Kecamatan Jetis, Kecamatan Bantul, Kecamatan Sedayu, Kecamatan Kretek, dan Kecamatan Sewon.

Baca juga: Naik Hellikopter, Doni Monardo Pantau Aktivitas Gunung Merapi dari Udara

“Total kerugian kami taksir mencapai Rp10,5 juta. Karena ada dua rumah warga yang mengalami kerusakan sedang dan ringan. Ada pula pohon tumbang yang sempat menutup jalan,” kata Aka, Jumat (20/11/2020).

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, aka tetap mengimbau kepada warga untuk tetap waspada. Sebab, insiden tumbangnya pohon bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Kami minta warga untuk menghindari pohon yang sekiranya rawan dan melaporkan agar ada penanganan," harap dia.