HARIAN JOGJA HARI INI: Pedagogi Diterjang Pandemi

Harian Jogja edisi Minggu 22 November 2020. - epaper Harian Jogja
22 November 2020 10:27 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Pedagogi Diterjang Pandemi
Hampir delapan bulan pembelajaran di sekolah dilaksanakan dengan cara jarak jauh. Selama itu pula guru menghadapi tantangan dan hambatan demi tetap memberikan pendidikan kepada siswa. Guru dituntut inovatif dan mampu memberikan pembelajaran yang efektif supaya muridnya tetap belajar.

Perjuangan menyembuhkan Dunia dari Pandemi
Ingin merasakan peran sebagai pengambil keputusan dalam menghadapi penyebaran penyakit? Plaque Inc Cure Mode jawabannya. Gim yang baru dirilis pekan ini menuntut pemainnya untuk berjuang mengatasi pandemi, termasuk menghadapi warga yang tidak suka dengan kebijakan yang diambil.

Pertahankan Eksistensi Pertanian
Lahir dari keluarga petani membuat Janu Riyanto tak lepas dari sawah. Kendati sempat mencicipi rasanya jadi pegawai kantoran, pada akhirnya panggilan untuk menggarap ladang kembali membuatnya kembali ke urusan mengolah tanah. Dari sinilah ia lantas berpikir untuk mengajak sebanyak-banyaknya anak muda mencintai tanah dan tak ragu untuk turun ke sawah.

Pandemi, Anak Tetap Perlu Diimunisasi
Kendati pandemi Covid-19 masih melanda, imunisasi pada anak tetap harus berjalan. Pasalnya, dengan imunisasi ancaman penularan virus lainnya bisa dicegah sejak dini. Tentu saja, imunisasi tetap harus dilakukan dengan mengacu protokol yang sudah ditetapkan.

Wadah Guru Saling BerbagI
Profesi apapun itu, sharing dan forum diskusi mutlak diperlukan. Tak sekadar untuk ajang berkisah pengalaman, forum itu juga penting untuk menjaga solidaritas untuk mencari solusi atas persoalan yang terkait dengan profesi tersebut. Tak terkecuali guru dengan Komunitas Guru Belajar (KGB) Yogyakarta.

Rumah Sejuk meski Tanpa AC
Indonesia merupakan negara yang memiliki dua musim, panas dan hujan. Jika udara sedang panas, sebagian memilih untuk pakai kipas angin, dan lainnya menggunakan pendingin udara (air conditioner/AC). Namun daya listrik yang besar dan harga yang mahal membuat tak semua orang bisa memakai AC di rumahnya.

Mencecap Manisnya Bisnis Cikelat Rempah
Jika biasanya cokelat di pasaran menggunakan varian isian kacang-kacangan seperti almon dan mete, lain halnya yang ada di Kulonprogo yang dikembangkan dengan varian rasa rempah. Inovasi ini ternyata menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja dalam versi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.

Anda juga dapat mengakses Harian Jogja versi digital dengan berlangganan di epaper.harianjogja.com.

Selamat membaca. Harian Jogja, berbudaya, membangun kemandirian.